4 Cara Merawat Pompa Angin Sepeda Supaya Tidak Cepat Rusak

4 Cara Merawat Pompa Angin Sepeda Supaya Tidak Cepat Rusak

KEPOINDONESIA.id - Maraknya sepeda motor membuat kepopuleran sepeda semakin redup. Bahkan anak SMP yang umumnya masih menggunakan sepeda kini banyak yang sudah menggunakan sepeda motor padahal umur mereka belum cukup umur.

Menggunakan sepeda jauh lebih sehat dan bisa kalian lakukan sebagai olahraga ringan daripada jalan atau lari. Tidak begitu capek dan bisa menempuh jarak yang jauh cocok sekali bagi kalian yang suka eksplorasi.

Nah saat menggunakan sepeda terkadang ban kempes dan kalian perlu pompa angin untuk sepeda. Jika kalian memiliki pompa angin sepeda dan cepat sekali rusak kalian berada di artikel yang tepat. Karena kali ini saya akan membahas mengenai pembahasan tersebut.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan apartemen berjalan serta kenapa spion sebelah kanan motor Yamaha sulit dipasang.

Gunakan Tanpa Tenaga Berlebih


Pompa angin untuk sepeda kini sudah bagus-bagus, artinya tanpa tenaga berlebih supaya cukup untuk memompa ban sepeda bahkan sangat cukup untuk memompa ban sepeda motor jadi gunakan tenaga secukupnya.

Jangan Sampai Jedug


Jika bisa saat proses memompa jangan sampai pompa terdengar bunyi jedug. Karena ini dapat membuat karet seal yang ada di dalam pompa menjadi aus dan cepat atau lambat akan menimbulkan kebocoran.

Meteran Jangan Diinjak


Terkadang ada kebiasaan menginjak meteran pada pompa angin sepeda padahal sudah ada injakan sendiri yang bisa diinjak. Apabila terpaksa tidak ada injakan jika bisa kalian jangan menginjaknya karena bisa membuat pompa angin cepat rusak.

Jaga Dalam Pompa Dari Air


Dan yang terakhir kalian wajib menjaga bagian dalam pompa jangan sampai kemasukan air supaya pompa tetap awet. Khususnya untuk pompa angin baru karena dari bawaannya sudah ada cairan tersendiri yang membantu pelumasan.

Sedikit tidak penting tetapi pembahasan kali ini wajib kalian ketahui. Apabila tidak kalian akan mengalami masalah seperti pompa angin sepeda tidak bisa balik, ngempos saat dipompa, atau tidak bisa digunakan untuk memompa sama sekali.

Selain itu simpan pompa angin dirumah dan jangan sering kalian pinjamkan. Apabila sering kalian pinjamkan pompa akan cepat rusak karena orang yang meminjam biasanya menggunakan pompa secara asal-asalan.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara merawat pompa angin sepeda supaya awet. Sebelum saya akhiri jika motor kalian tiba-tiba los atau hilang kompresi kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon