Apa Mancing Tanpa Essen di Pemancingan Bisa Dapat Ikan?

Apa Mancing Tanpa Essen di Pemancingan Bisa Dapat Ikan?

KEPOINDONESIA.id - Memancing di alam liar seperti di sungai, muara, atau laut cukup menggunakan umpan yang bisa didapatkan dengan mudah. Beli dan sedikit mahal tidak masalah tergantung dari target ikannya.

Cukup dengan umpan tersebut tanpa tambahan essen. Sedangkan jika memancing di kolam seperti kolam pemancingan banyak pemancing yang menggunakan essen. Rata-rata mereka tidak mengandalkan umpan saja tetapi juga essen.

Apa itu essen? kalian yang tidak pernah atau jarang memancing di kolam pemancingan mungkin tidak tau apa yang disebut essen itu. Untuk tau apa itu essen, kegunaannya untuk apa, serta apa jika tidak menggunakan essen tetap dapat ikan atau tidak kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti tips mengakali jika ikan wader tidak mau makan umpan kita serta cara mendapatkan dan menangkap ikan cucut air tawar yang ada di sungai.

Apa Itu Essen Mancing?


Essen yaitu aroma beberapa campuran bahan makanan sebagai pelengkap umpan supaya ikan lebih tertarik dengan umpan tersebut. Essen berbentuk air yang cara menggunakannya dicampurkan dengan pelet. Jadi tidak bisa digunakan untuk umpan alam seperti cacing dan jangkrik.

Kenapa Essen Sering Digunakan di Pemancingan?


Alasannya sederhana karena umpan paling jitu dan paling murah yang biasanya digunakan untuk mancing di kolam pemancingan yaitu umpan pelet. Jika hanya pelet saja tentu saja ikan tidak tertarik dengan umpan tersebut.

Kenapa Tidak Digunakan Untuk Memancing Disungai?


Alasan umpan pelet tidak digunakan di sungai atau di air yang berarus yaitu karena umpan dapat cepat rontok. Jadi pemancing tidak menggunakan umpan pelet tetapi lebih condong ke umpan alam yang bisa dicantolkan dengan kuat di kail pancing.

Apa Mancing di Pemancingan Tanpa Essen Bisa?


Sangat bisa sekali, jangan ragu. Walaupun menggunakan essen belum tentu ikan akan makan umpan tersebut. Dalam memancing ada banyak sekali faktor jadi tanpa essen kalian bisa mengandalkan faktor lainnya.

Dimana Beli Essen Mancing?


Bisa kalian temukan di penjual peralatan memancing yang cukup besar atau yang biasa menjual umpan mancing lainnya seperti cacing dan lumut. Atau bisa beli secara online dengan melihat review dari essen tersebut terlebih dahulu.

Karena tidak terbiasa menggunakan pelet jadi saya sendiri tidak menggunakan essen. Lebih suka dengan cacing atau jangkrik. Untuk cacing jika bisa ccaing sawah atau cacing yang didapatkan dari kandang.

Untuk jangkrik kalian bisa beli. Ada banyak sekali umpan alam yang bisa kalian gunakan. Yang jelas tergantung dari target ikannya. Untuk ikan lele bisa gunakan cacing, jangkrik, atau bisa menggunakan katak kecil.

Itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan mengenai essen untuk memancing. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai dimana ayam yang tidak pulang ketika diumbar. Harus kalian cari jika hilangnya sudah berhari-hari.


EmoticonEmoticon