Perbedaan Kunci T, Kunci L, Kunci Ring, dan Kunci Pas di Bengkel

Perbedaan Kunci T, Kunci L, Kunci Ring, dan Kunci Pas di Bengkel

KEPOINDONESIA.id - Dalam bidang otomotif ada banyak sekali kunci. Yang sering kalian dengar, lihat, dan pegang saat di bengkel hanya salah satu dari banyak kunci yang ada. Kenapa? karena memang kunci dibuat berdasarkan kegunaan dan fungsinya.

Semakin rumit kendaraan semakin banyak jenis kunci yang dibutuhkan. Tetapi setidaknya kalian pasti tau salah satu atau beberapa kunci yang akan saya sebutkan. Mulai dari Kunci Pas, Kunci Ring, Kunci L, dan Kunci T.

Keempat kunci tadi salah satu kunci yang umum ditemukan dan digunakan. Nah yang menjadi perbedaan apa perbedaan antara keempat kunci tadi?. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Akan saya bahas juga apa yang dimaksud dengan Kunci Y. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasi plat nomor kendaraan yang kendor dan bergetar serta apa yang disebut dengan tikum saat sunmori dan nightride.

Kunci Pas


Kunci pas merupakan kunci yang berbentuk pas yang hanya menempel ke tiga sisi baut atau mur saja. Kunci ini tidak direkomendasikan untuk mengencangkan atau mengendorkan tetapi karena hanya mencengkram tiga sisi saja.

Kunci Ring Pas


Sama dengan kunci pas, hanya saja di ujungnya tidak polos melainkan ada kunci ringnya. Jadi ini alternatif karena 1 kunci bisa mendapatkan 2 mata yaitu mata kunci pas dan mata kunci ring yang jauh lebih baik daripada pas.

Kunci Ring


Kunci Ring merupakan kunci dengan bentuk ring pada kedua ujungnya. Bisa segi 6 dan bisa segi 8. Tentu saja segi 8 lebih baik karena dapat mencegah dol karena lebih banyak mata tidak seperti segi 6.

Kunci T


Kunci T merupakan kunci ring berbentuk T yang diperuntukkan untuk membuka baut atau mur yang ada di lokasi yang tidak dapat diakses oleh kunci ring biasa. Umumnya kunci ini digunakan untuk membuka baut pembuangan oli sepeda motor.

Kunci L


Kunci L merupakan kunci berukuran kecil dan membentuk huruf L. Kunci ini jarang digunakan karena memang hanya pada bagian tertentu saka yang menggunakan baut L seperti pada kaliper dan di beberapa body sepeda motor.

Kunci Y


Kunci Y sama seperti kunci T, yaitu kunci ring tetapi berbeda huruf Y. Jadi satu kunci memiliki 3 ukuran. Sebagai contoh ukuran 13, 14, dan 15. Jadi cukup membawa 1 kunci untuk 3 ukuran kunci tadi.

Untuk Kunci L ada yang bintang dan ada yang hexagon. Masih banyak jenis kunci yang lainnya tetapi cukup itu saja yang saya bahas kali ini. Walaupun sederhana tetapi saya yakin masih banyak yang belum tau.

Untuk keperluan pribadi antara kunci Ring dan Kunci pas lebih baik yang mana? saran saya beli yang ring pas saja. Karena 1 kunci mendapatkan kegunaan 2 kunci antara kunci ring dan kunci pas dengan harga yang lebih hemat.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai apa itu KPH, KPJ, dan KMH. Kode tersebut akan sering kalian temui di speedometer baik pada sepeda motor atau mobil.


EmoticonEmoticon