Arti Kata Ora Dong, Ora Biso, dan Ora Umum Dalam Bahasa Jawa

Arti Kata Ora Dong, Ora Biso, dan Ora Umum Dalam Bahasa Jawa

KEPOINDONESIA.id - Orang Jawa sering kali mengatakan "Ora dong" ketika seseorang sedang menjelaskan. Dan terkadang juga mengatakan "Ora biso" ketika disuruh melakukan suatu hal. Nah apa maksud dari ora dong dan ora biso ini?.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai kedua hal tersebut. Selain ora biso dan ora dong saya juga akan bahas mengenai "Ora umum". Ora umum saya yakin kalian sudah tidak asing alias sering mendengarnya.

Walaupun sering mendengarnya saya yakin yang tau arti dari kata ora umum masih sedikit. Jadi selain ora biso dan ora dong kali ini saya juga akan membahas mengenai ora umum. Kenapa kalian harus tau ketiganya?.

Karena tidak lucu jika kalian sering mendengar atau bahkan sering mengucapkan tetapi tidak tau arti apa yang dicuapkan. Oleh karena itu supaya kalian menjadi tau dan tidak ragu-ragu lain saat mengucapkan salah satu atau semua kalimat tersebut kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan baru keluar goa dan suhu turun gunung serta kalian harus tau perbedaan kata kita dan kata kami.

Apa Arti Ora Dong Dalam Bahasa Jawa?


Apabila dalam Bahasa Indonesia ketika kalian tidak paham, tidak mengerti, atau tidak maksud pasti mengatakan kata tersebut secara langsung. Tetapi dalam Bahasa Jawa ketiganya bisa jadi satu kata yaitu ora dong.

Jadi ora dong memiliki arti tidak paham, tidak maksud, atau tidak mengerti. Orang ketika sedang dijelaskan dan tidak maksud misalnya maka biasanya akan mengatakan ora dong atau beberapa orang juga mengatakan ora ngeh.

Apa Arti Ora Biso Dalam Bahasa Jawa?


Sedangkan ora bisa dalam Bahasa Jawa memiliki arti tidak bisa. Tidak bisa disini mencakup banyak hal, jadi kata ganti tidak bisa dalam Bahasa Jawa yaitu ora biso. Sebagai contoh kalian tidak bisa datang maka sama dengan "Ora biso teko".

Tetapi perlu di ingat ora biso merupakan Bahasa Jawa Ngoko. Untuk Bahasa Jawa halusnya yaitu "Mboten saged". Sama seperti ora biso, mboten saged bisa digunakan untuk semua hal yang kalian anggap tidak bisa. Selain ora dong bisa juga mengatakan "Ora mudeng".

Apa Arti Ora Umum Dalam Bahasa Jawa?


Ora umum terkenal karena seminar lowongan kerja di Facebook. Jika diartikan ke Bahasa Indonesia langsung "Ora umum" memiliki arti tidak biasa. Tetapi biasanya ora umum diartikan sebagai "Hal yang berbeda dengan yang lain".

Walaupun jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi tetap ada yang menggunakan kata ora umum tadi. Jadi ora umum digunakan sebagai ekspresi kagum karena hal yang luar biasa dan berbeda dengan yang lain.

Baik ora umum, ora biso, atau ora dong bisa kalian gunakan pada waktu yang tepat. Karena jika tidak kesannya wagu. Apa itu wagu? sendiri bisa dikatakan tidak pas, kurang pantas, atau bisa disebut dengan aneh.

Wagu juga singkatan dari Waton Guyon, tetapi umumnya wagu memiliki arti tidak pas atau kurang pantas tadi. Selain ora umum dan yang lain saya yakin kalian juga sering mendengar istilah sokin seperti "Sokin ngab, jatim nih".

Apabila kalian belum tau apa yang dimaksud dengan sokin kalian bisa baca artikel mengenai sokin tadi. Karena selain ora umum dan ora dong saya yakin kalian perlu tau apa yang dimaksud dengan kata sokin.


EmoticonEmoticon