Cara Menasehati Adik Yang Tidak Mau Berangkat ke Sekolah

Cara Menasehati Adik Yang Tidak Mau Berangkat ke Sekolah

KEPOINDONESIA.id - Bagaimana tindakan kalian sebagai kakak apabila adik kalian tidak mau sekolah atau lebih tepatnya tidak mau berangkat sekolah? pasti ikut khawatir. Karena jika dibiarkan bisa lama tidak berangkat dan jadi putus sekolah.

Biasanya anak yang masih duduk di bangku SD atau Sekolah Dasar sering mengalami hal seperti ini. Entah apa yang mereka pikirkan tiba-tiba tidak mau berangkat ke sekolah padahal hari sebelumnya biasa-biasa saja.

Apabila karena sakit atau tidak enak badan ini wajar, tetapi jika bukan karena hal tersebut mungkin kalian perlu memberikan nasehat dan semangat kepada adik kalian tadi supaya mau berangkat ke sekolah lagi.

Apa saja nasehat yang bisa kalian katakan ke adik kalian saat tidak mau berangkat sekolah kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara supaya wifi sekolah tidak lemot serta cara meminjam buku ke teman kita supaya dipinjamkan buku tersebut.

Tanyakan Kenapa Tidak Mau Berangkat Sekolah


Yang pertama sebagai seorang kakak kalian bisa bertanya ke adik kalian mengenai kenapa tidak mau berangkat sekolah. Kemungkinan dijawab atau diberitahu sangat kecil tetapi setidaknya kalian sudah bertanya.

Katakan Bahwa Sekolah Itu Perlu


Untuk memulai membujuk supaya mau berangkat ke sekolah kalian bisa katakan bahwa sekolah itu perlu. Katakan bahwa kakak juga dulu sekolah dan selalu berangkat tidak pernah membolos.

Nasehati Secara Pelan-Pelan


Apabila tidak ada peningkatan lebih baik kalian biarkan terlebih dahulu. Kalian bisa nasehati lagi nanti supaya adik kalian tidak tertekan jika diberi nasehat terus menerus. Sabar saja karena ini biasanya hanya emosi sesaat.

Jangan Izinkan Orang Lain Membujuk Kecuali Keluarga dan Guru


Apabila sudah berhari-hari saran dari saya jangan izinkan orang lain selain keluarga seperti kalian sendiri, orang tua, dan guru untuk membujuknya. Karena jika dibujuk orang lain adik kalian sudah pasti akan merasa malu dan tambah tidak mau berangkat ke sekolah.

Pentingnya keluarga memberikan nasehat tanpa perlu bantuan orang lain secara langsung. Ingat bahwa rata-rata orang akan malu jika di nasehati selain oleh keluarganya sendiri, jadi catatan hal ini karena penting.

3 sampai 4 hari biasanya adik kalian sudah mau berangkat ke sekolah. Dan saya yakin setelah pulang sekolah nanti mereka sudah lupa dengan hal-hal sebelumnya. Seperti kenapa mereka menangis dan tidak mau berangkat ke sekolah karena ketakutannya sudah dilewati.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai cara membujuk adik yang tiba-tiba tidak mau berangkat ke sekolah. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca cara meminta legalisir fotokopi ijazah ke sekolah kita dulu.


EmoticonEmoticon