Cara Mencegah Munculnya Cacing di Filter Akuarium Ikan Hias

Cara Mencegah Munculnya Cacing di Filter Akuarium Ikan Hias

KEPOINDONESIA.id - Top filter akuarium adalah filter terbaik daripada internal filter. Hanya saja filter ini tidak cocok untuk akuarium yang kecil dengan ukuran tank 40x20x30 atau yang lebih kecil. Kenapa tidak cocok padahal dapat digunakan?.

Ada beberapa alasan kenapa dikatakan tidak cocok. Yang pertama karena arus air terlalu deras jadi air yang ada di akuarium terlalu cepat berputar. Dan yang kedua air akan mudah hangat karena tidak cukup untuk mendinginkan power head yang panas.

Tetapi tetap saja opsi ini lebih baik daripada menggunakan internal filter. Saat menggunakan top filter jika tidak rutin kamu cek bagian filternya maka terkadang ada cacingnya. Bisa banyak dan bisa sedikit tergantung dari banyak faktor.

Kenapa bisa ada cacing di filter akuarium dan bagaimana cara mencegah munculnya cacing tersebut? untuk tau jawabannya kamu bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan menarik yang pernah saya bahas.

Seperti kenapa ikan sapu-sapu di aquarium cepat mati padahal sebelumnya sehat serta tips supaya aquarium atau tank ikan tidak mudah berlumut. Lumut sebenarnya tidak masalah jika di dalam tank ada ikan sapu-sapunya.

Apa Penyebab Ada Cacing di Filter Aquarium?


Penyebabnya yaitu karena filter sudah sangat kotor dan tidak kalian bersihkan. Memang tidak akan terlalu berpengaruh dengan kualitas air tetapi tetap saja cacing tersebut bisa jatuh ke dalam tank dan membuat tank menjadi tidak bersih.

Apa Solusinya Jika Filter Ada Cacingnya?


Solusinya kalian wajib bersihkan busa filternya. Untuk bisa cukup kalian bersihkan saja. Tetapi untuk dakron wajib kalian ganti karena dakron untuk filter hanya sekali pakai saja dan tidak dapat digunakan lagi.

Apa Cacing Tersebut Akan Selalu Ada?


Jawabannya iya, oleh karena itu walaupun perawatan air di tank dengan top filter mudah tetapi pada bagian filternya tetap harus kalian periksa dan bersihkan paling tidak 2 minggu sekali supaya selalu bersih.

Bagaimana Mencegah Cacing Muncul di Busa Filter?


Tidak ada cara lain selain sering membersihkan busa filter. Walaupun busa pada top filter kalian buat tenggelam ke air cacing tersebut tetap ada walaupun tidak banyak tidak seperti jika busanya hanya sekedar basah saja.

Ingat bahwa cacing di busa top filter pada akuarium wajar jika ada. Karena memang karena lembab dan banyak kotoran maka muncul lah cacing tersebut. Kalian hanya perlu rutin membersihkan filter atau jika perlu menggantinya.

Untuk filter talang kemungkinan adanya cacing bisa diminimalisir. Selain karena busa filter pasti dalam keadaan tenggelam filter talang menggabungkan berbagai jenis media filter jadi airnya akan lebih bersih.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cacing yang sering ada di filter akuarium. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasi aerator yang berisik supaya tidak berbunyi terlalu keras dan lebih silent.


EmoticonEmoticon