4 Penyebab Air di Aquarium Jadi Hangat Sendiri Padahal Biasanya Dingin

4 Penyebab Air di Aquarium Jadi Hangat Sendiri Padahal Biasanya Dingin

KEPOINDONESIA.id - Air aquarium umumnya dingin apabila sudah lama tidak diganti. Air yang dingin sebenarnya lebih baik daripada hangat jika tidak ada ikan khusus. Karena rata-rata ikan hias lebih suka dengan air yang dingin daripada hangat.

Tetapi apakah kalian pernah merasakan bahwa air di aquarium kalian menjadi hangat sendiri tanpa sebab?. Saya yakin kalian pernah merasakannya khususnya pada aquarium dengan ukuran tank yang relatif kecil.

Untuk aquarium dengan ukuran tank yang lebih besar juga bisa hangat tetapi ini tidak sering terjadi. Yang menjadi pertanyaan kenapa suhu aquarium bisa hangat sendiri? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Akan saya bahas beberapa penyebab yang bisa menyebabkan suhu aquarium menjadi hangat sendiri tanpa sebab. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa air sumur cepat berlumut di ember serta kenapa ikan channa mudah mati jika dipelihara di aquarium.

Rambatan Dari Lampu Aquarium


Penyebab pertama yaitu disebabkan oleh lampu aquarium. Seperti lampu pada umumnya, lampu yang dinyalakan terus menerus atau hanya semalaman akan menimbulkan hawa panas dan hangat.

Nah hawa tadi merambat ke air dan menyebbnkan air aquarium suhunya menjadi naik dan cenderung panas. Jadi solusinya apabila sering panas karena lampu silakan nyalakan lampu jika sudah malam dan matikan lebih cepat. 

Terpengaruh Suhu Ruangan


Suhu ruangan juga dapat mempengaruhi suhu air di dalam aquarium. Jadi jika lingkungan suhunya sedang panas panas suhu air di dalam aquarium biasanya juga ikut panas. Dan sebaliknya jika sedang dingin suhu di aquarium juga dingin.

Untuk kendala yang satu ini tidak ada yang bisa kalian lakukan karena faktor alam. Untuk menjaga supaya tetap dingin mungkin kalian bisa menaruh aquarium di tempat yang lebih lembab supaya tidak mudah naik suhu airnya.

Efek Dari Power Head


Mesin power head atau pompa aquarium ketika dinyalakan akan menimbulkan hawa panas termasuk jika sudah dimasukkan ke dalam air. Kasus aquarium suhu airnya hangat sendiri dan jadi panas biasanya karena power head.

Masalah pada power head bermacam-macam, mulai dari tank aquarium yang kecil tetapi menggunakan power head besar. Atau bisa juga karena power head yang sudah bermasalah dan wajib ganti power head yang baru.

Karena Menggunakan Heater


Apabila kalian memasang heater pada aquarium dan suhu aquarium menjadi panas ini wajar sekali. Tetapi rata-rata banyak yang tidak tau fungsi heater dan bingung ketika suhu air di aquarium menjadi panas.

Heater hanya digunakan jika perlu, untuk ikan biasanya tidak perlu karena lebih suka air dengan suhu dingin. Jadi silakan lepas dan angkat heater dari aquarium supaya suhu aquarium tetap dingin dan tidak hangat lagi.

Dari beberapa penyebab yang sudah saya sebutkan rata-rata terjadi karena dua hal. Yang pertama karena tank kecil menggunakan power head untuk filter atas dan yang kedua karena power head yang sudah bermasalah.

Selain masalah power head yang panas jika kalian sebal denganaerator yang berisik saya sudah pernah membahas artikelnya. Apabila kalian penasaran kalian bisa baca artikel tersebut. Aerator memang berisik dan mengganggu oleh karena itu saya hanya menggunakan filter saja.

Tetapi jika ikan di aquarium banyak dan cenderung padat penggunaan aerator sangat diperlukan supaya udara di dalam air terpenuhi. Apabila tidak ikan mudah mati karena terlalu padat dan ikan akan kekurangan oksigen.


EmoticonEmoticon