Arti Kalih Yang Benar Dalam Bahasa Jawa? Artinya 2 atau Dengan?

Arti Kalih Yang Benar Dalam Bahasa Jawa? Artinya 2 atau Dengan?

KEPOINDONESIA.id - Istilah kalih mungkin pernah kalian dengar karena lagu Sayang karena di liriknya ada kalimat seperti ini "Meh sambat kalih sinten yen sampun mekaten". Apa sebenarnya arti kata kaleh atau kalih ini? karena di beberapa kalimat penggunaannya berbeda.

Sebagai contoh kalian sedang belanja dan ada pembeli yang berkata seperti ini "Kaleh mawon pak". Apa kata kaling dalam kata "Kaleh mawon" sama seperti yang ada di "Meh sambat kalih sinten yen sampun mekaten"? tentu saja tidak.

Oleh karena itu kali ini saya akan membahas perbedaan penggunaan kata tersebut. Bagi yang tidak tau memang ada beberapa kata yang penyebutannya sama tetapi artinya berbeda. Sebagai contoh kata "Apel".

Apel disini bisa merujuk pada buah dan bisa merujuk pada kata pergi ke rumah wanita. Selain apel sebenarnya masih ada kata lainnya tetapi fokus saya kali ini yaitu pada kata kaleh atau kalih, baik kalih atau kaleh sama saja penyebutannya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti apa itu yang disebut dengan keyel dan ngeyel serta apabila kalian belum tau apa yang disebut BTS di media sosial seperti TikTok kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut.

Arti Kalih Dalam Kalimat Kalih Sinten


Dalam kata "Kalih sinten" kata kalih atau kaleh disini memiliki arti dengan atau bersama. Sinten sendiri siapa jadi kaleh sinten jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia memiliki arti dengan siapa atau bersama siapa.

Biasanya jika kita sendirian akan ada yang bertanya seperti ini "Kaleh sinten mas, nopo kiyambakan" yang memiliki arti "Dengan siapa mas, apa sendirian". Jadi kalih yang pertama memiliki arti dengan atau bersama.

Arti Kalih Dalam Kalimat Kalih Mawon


Kalih yang berikutnya seperti pada kalimat "Kalih mawon" memiliki arti dua atau 2. Jadi dalam Bahasa Jawa urutan angka seperti ini.

  • 1: Setunggal
  • 2: Kalih
  • 3: Tigo
  • 4: Sekawan
  • 5: Gangsal
  • 6: Enem
  • 7: Pitu
  • 8: Wolu
  • 9: Songo
  • 10: Sedoso

Jadi kata kalih dalam kalimat "Kalih mawon" memiliki arti 2 saja atau dua saja. Kenapa bisa berbeda? kemungkinan karena memang penyebutannya saja yang sama. Sama seperti kata apel yang sudah saya sebutkan diatas.

Saya harap kalian tidak bingung dan menganggap aneh, karena memang dengan dalam Bahasa Jawa disebut kaleh dan angka 2 juga disebut dengan kaleh. Masih ada yang lain tetapi saya cukup bahas itu saja untuk kali ini.

Sebelum saya akhiri apabila kalian memelihara burung anggungan seperti perkutut dan puter seharusnya kalian tau dengan yang namanya asinan. Asinan ini sangat membantu pencernaan burung yang biasanya memakan biji-bijian.

Tekstur  biji-bijian yang keras di dalam perut burung akan dibantu dihaluskan dengan asinan tadi. Oleh karena itu burung anggungan yang memakan biji-bijian sangat butuh sekali yang namanya asinan, jadi silakan kalian berikan saja.


EmoticonEmoticon