Cara Membuat Bonsai Bambu Dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Membuat Bonsai Bambu Dengan Mudah Tanpa Ribet

KEPOINDONESIA.id - Banyak tanaman dan pohon yang bisa dibuat bonsai. Jadi jika kalian ingin membuat bosan tidak perlu harus menggunakan tanaman khusus yang sulit ditemukan dan harganya mahal. Cukup menggunakan tanaman yang umum kita temui.

Hampir semua tanaman dan pohon bisa dibuat bonsai, apabila kalian tidak yakin tanaman tersebut bisa dibuat bosan silakan kalian cari informasinya terlebih dahulu. Yang murah meriah dan bisa kalian dapatkan dengan mudah yaitu pohon serut. 

Selain serut kalian juga bisa gunakan pohon randu ataupun pohon asem. Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu menggunakan bambu sebagai bahan bonsai. Bebas saja bonsai bambu apa saja karena hanya untuk belajar.

Jadi jika merasa tidak berhasil kalian tidak akan terlalu kecewa. Kenapa harus bonsai bambu dan berapa modal awalnya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya bahas sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara mendongkel pohon serut yang benar supaya tidak mati serta kenapa burung perkutut sering hilang sendiri dari sangkarnya. Apa karena kabur dan lepas atau karena hal lain?.

Mengapa Memilih Bonsai Bambu?


Yang pertama karena bambu mudah ditemukan dan memang bisa dibuat sebagai bonsai. Selain ibu bambu mudah dibudidayakan jadi jika kalian ingin bahan bonsai bambu yang banyak kamu bisa budidaya sendiri bahan bosainya.

Selain itu bambu juga memiliki estetika yang bagus sebagai tanaman bonsai. Ruang bambu memiliki daya tarik tersendiri dan mudah untuk dibuat-buat. Hanya saja butuh perawatan khusus karena bambu daya tahannya tidak setahan pohon berkambium.

Berapa Modal Awal Membuat Bonsai Bambu?


Apabila minim budget sebenarnya 50 ribu sudah lebih dari cukup, uang tadi bisa kalian gunakan untuk beli pupuk dan vitamin agar bonsai tetap subur. Untuk pot kalian bisa gunakan barang bekas yang bisa digunakan sebagai pot. 

Bahan bonsai bambu bisa kalian ambil di alam liar, memang agak sulit untuk mendongkel bibit bambu tetapi tetap bisa kalian lakukan. Media tanam kalian gunakan tanah dan merang saja, jika bisa ditambah pupuk organik. 

Bagaimana Cara Merawat Bonsai Bambu?


Untuk merawatnya sama seperti merawat bonsai pada umumnya. Kalian bisa sirami secukupnya setiap pagi dan sore atau saat sore saja. Bersihkan tanah dari rumput yang mengganggu yang biasanya ada di media tanam bonsai.

Selain itu jika ada hewan seperti keong bisa kalian buang. Perhatikan juga pada bambunya, karena ini perlu perawatan khusus. Jika tidak bambu akan mengering dan mati walaupun kalian hanya melakukan kesalahan kecil saja.

Untuk pemula yang terpenting ilmu yang didapatkan. Untuk trial and error kalian bisa merawat bonsai bambu lebih dari satu. Ini sebagai trial and error supaya kalian bisa mengamati perkembangan masing-masing bonsai.

Menyimpan sawo yang mentah tetapi tidak matang-matang? kalian bisa baca artikel mengenai cara menyimpan buah sawo supaya cepat matang. Matang di pohon memang lebih manis tetapi biasanya sebelum kita petik sudah dimakan oleh hewan liar.

Oleh karena itu biasa buah sawo akan dipetik saat belum matang. Dibersihkan lalu disimpan atau diembu supaya matang. Prosesnya mulai dari 2 hari sampai 4 hari. Selain aman dari hewan liar sawo sudah bersih dan bisa dimakan bersama kulitnya.


EmoticonEmoticon