4 Cara Nyetem Gitar Agar Suaranya Tidak Cempreng dan Fals

4 Cara Menyetem Gitar Agar Suaranya Tidak Cempreng dan Fals

KEPOINDONESIA.id - Siapa dari kalian yang bisa memainkan gitar? saya yakin yang bisa memainkan gitar cukup banyak. Karena gitar salah satu alat musik yang banyak dimainkan dan dimiliki secara pribadi baik oleh laki-laki atau perempuan.

Jadi untuk bisa mempelajari gitar sebenarnya semuanya bisa. Yang bisa memang banyak, akan tetapi yang tidak bisa cukup banyak. Tetapi bukan itu yang menjadi topik pembahasan kali ini melainkan bagaimana cara mengatasi dan menyetel gitar yang suaranya cempreng.

Kalian perlu menyetel agar suara dari gitar tidak cempreng dan fals. Bagi yang tidak paham pasti tidak tau gitar yang cempreng itu seperti apa. Tetapi bagi mereka yang bisa memainkan gitar tau pasti suara gitar yang nyaman didengar itu seperti apa.

Nah bagi kalian pemula yang mengalami suara gitar yang kalian miliki tidak enak di dengar dan cempreng kali ini saya akan membahas mengenai solusi dari hal tersebut. Bisa kalian ikut step by step. Tanpa tau betul kalian bisa melakukannya dirumah.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang pernah saya bahas. Seperti perbedaan antara notasi angka dan notasi balok yang perlu kalian ketahui serta kalian harus tau perbedaan audio stereo dan audio mono.

Gunakan Aplikasi Penyetem Gitar


Cara paling mudah yaitu kalian bisa gunakan aplikasi penyetem gitar. Ada banyak sekali aplikasi penyetem gitar yang bisa kalian gunakan di Play Store dan App Store. Silakan kalian coba dan lakukan penyeteman pada gitar yang kalian miliki.

Tanpa keahlian khusus kalian bisa menyetem gitar yang kalian miliki. Mungkin tidak begitu maksimal karena bermodalkan aplikasi. Akan tetapi setidaknya lebih membantu daripada asal stel sendiri.

Gunakan Alat Penyetem Gitar


Apabila kalian ingin yang lebih akurat kalian bisa beli alat penyetem gitar. Ada yang murah dan ada yang mahal bisa kalian sesuaikan. Alat ini akan membantu kalian menyetem gitar secara otomatis tergantung tipe alatnya.

Yang jelas ini lebih akurat daripada aplikasi. Apabila kalian memiliki alatnya kalian bisa sambil belajar untuk menyetem gitar tanpa bantuan alat. Karena jika tidak latihan kalian tidak akan bisa menyetem sendiri.

Minta Bantuan Teman Yang Bisa Nyetem Gitar


Selain menggunakan aplikasi penyetem dan alat penyetem gitar kalian bisa minta bantuan teman kalian yang bisa nyetem gitar. Ini boleh kalian lakukan dan jika mau kalian bisa belajar gitar bersama dengan teman kalian tadi.

Karena belajar gitar sendiri atau otodidak termasuk sulit karena tidak ada yang mengarahkan ketika ada yang salah. Walaupun tetap bisa tetapi untuk hasil yang maksimal tetap perlu pembimbing untuk mengarahkan ketika kalian belajar memainkan gitar.

Datang ke Tempat Penjual dan Aksesoris Gitar


Dan yang terakhir kalian bisa datang ke tempat penjual gitar dan aksesorisnya. Karena biasanya penjual bisa membantu kalian menyetem gitar yang kalian miliki dengan akurat dan baik. Khususnya jika gitar yang kalian miliki gitar mahal.

Tidak gratis memang tetapi biayanya tetap saja murah. Daripada kalian asal stel dan hasilnya tambah buruk atau bahkan bisa membuat senar gitarnya menjadi putus. Jadi silakan kalian bawa saja dan lakukan penyeteman gitar.

Apa gitar harus selalu di stem? jawabannya tidak. Tetapi biasanya di stem apabila terasa suaranya sedikit cempreng dan fals. Bagi yang bisa menyetem sendiri ini bukan perkara yang sulit karena bisa langsung di stem.

Tetap bagi yang tidak bisa menyetem dan menyetel gitar setiap saat cukup merepotkan. Jadi bisa di stel ketika sudah cukup parah saja. Sebelum saya akhiri apabila logo headset di HP kalian tidak hilang ketika tidak terhubung ke headset kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.

Apabila tidak kalian atasi hal tersebut akan sangat mengganggu. Karena semua suara tidak akan keluar dari speaker melainkan terdeteksi ke headset. Jadi lebih baik segera kalian atasi sampai logo headset tadi hilang.


EmoticonEmoticon