4 Cara Mencegah Shock Belakang Jupiter MX Yang Sering Ambles

4 Cara Mencegah Shock Belakang Jupiter MX Yang Sering Ambles

KEPOINDONESIA.id - Sudah menjadi rahasia umum bahwa shock belakang atau shockbreaker belakang Jupiter MX sangat sering ambles. Mulai dari yang keluaran pertama sampai keluaran terbaru yaitu Jupiter MX King V2.

Tidak hanya di keluarga Jupiter MX saja, tetapi di Vixion kasus shockbreaker ambles juga sering terjadi. Hanya saja karena Vixion tinggi jadi ketika ambles tidak terlalu terlihat. Sedangkan Jupiter MX karena motor bebek jadi basicnya pendek.

Sudah pendek dan shock belakang ambles maka sangat terlihat sekali ketika dinaiki oleh dua orang atau dalam keadaan boncengan. Apa penyebabnya? penyebabnya yaitu karena suspensi belakang Jupiter MX hanya 1 saja.

Ini sebenarnya bukan masalah utamanya, dan masalah utamanya yaitu pada kualitas shockbreaker itu sendiri. Karena pada motor lain walaupun menggunakan monoshock kasus ambles sangat jarang terjadi.

Apabila kalian tidak ingin mengalami hal yang sama kali ini saya akan membahas cara mencegah hal tersebut terjadi. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan rebound pada shock serta cara meluruskan spakbor belakang motor yang miring dan tidak lurus.

Jangan Bonceng Orang Yang Memiliki BB Berat


Yang pertama yang bisa kalian lakukan yaitu jangan terlalu sering membonceng orang yang memiliki berat bahan terlalu berat. Karena tentu saja shockbreaker belakang akan langsung menahan beban tersebut secara langsung.

Sesekali tidak masalah khususnya untuk jarak dekat. Tetapi jika terlalu sering dan jarak jauh siap-siap saja shock belakang Jupiter MX dan MX King kalian akan ambles dan menjadi tidak keren lagi. Selain tidak keren shock yang ambles membuat sepeda motor mudah limbung.

Jangan Gunakan Untuk Membawa Beban Berat


Karena shockbreaker MX King dan Jupiter MX yang lemah maka motor ini jarang sekali digunakan untuk membawa beban berat padahal memiliki mesin 150cc yang bertenaga di tanjakan. Para pekerja yang selalu membawa beban berat menggunakan motor lebih memilih motor lain.

Seperti seperti keluarga Jupiter Z, keluarga Yamaha Vega, atau malah menggunakan matik. Kenapa shock di matik kecil jarang ambles padahal sama-sama monoshock? ini bisa terjadi karena jenis shockbreaker yang digunakan berbeda.

Ganti Dengan Shockbreaker Aftermarket


Apabila kalian tetap ingin membonceng orang dengan berat badan yang berat atau ingin tetap membawa beban berat karena kewajiban pekerjaan tidak ada pilihan lain selain mengganti shockbreaker dengan yang aftermarket dan bukan original.

Belilah yang bermerek dan mahal dan yang keras. Seperti merek YSS atau Ride It. Untuk merek YSS apabila kalian belum tau cara membedakan shock yang asli dengan yang palsu atau KW kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas mengenai hal tersebut.

Jangan Sering Lewat Jalan Yang Berlubang


Dan yang terakhir kalian bisa pilih jalan yang halus dan jangan yang berlubang. Karena jika lewat jalan yang berlubang shockbreaker akan terus bekerja mengayunkan kendaraan agar pengguna tetap nyaman saat melewati jalan berlubang dan jelek tadi.

Khususnya saat berboncengan atau membawa beban berat, usahakan lewat jalan yang halus. Walau terlihat sederhana cara ini dapat merawat shockbreaker agar bisa tahan lama dan tidak mudah ambles dan bocor.

Jadi bagi kalian pemilik Jupiter MX, New Jupiter MX, MX King, MX King V2, atau yang lainnya masalah shockbreaker yang ambles bisa dikatakan sudah menjadi penyakit motor ini. Khususnya jika shockbreaker masih bawaan.

Agar lebih awet kalian bisa ganti dengan aftermarket yang memang khusus untuk Jupiter MX. Itu saja yang bisa saya bahas mengenai shockbreaker ambles di Jupiter MX, sebelum saya akhiri kalian bisa baca kenapa VVA di motor Yamaha tidak aktif ketika sedang jalan.

Ada beberapa syarat agar teknologi VVA di motor Yamaha aktif, apabila kalian tidak tau kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas dan jelaskan. Dan ini hanya berlaku pada yang sudah mendukung teknologi VVA saja.


EmoticonEmoticon