Cara Scan Offline Menggunakan Windows Defender Cukup 15 Menit Saja

Cara Scan Offline Menggunakan Windows Defender Cukup 15 Menit Saja

KEPOINDONESIA.id - Windows Security atau Windows Defender merupakan keamanan bawaan Windows yang disematkan agar perangkat yang menginstal Windows aman tanpa perlu menginstal aplikasi keamanan dari pihak ketiga.

Untuk aplikasi keamanan bawaan Windows Defender sudah bekerja dengan baik dan dalam setiap bulannya pasti ada patch keamanan yang perlu diperbarui. Hanya saja banyak pengguna yang menggunakan Windows Defender atau Windows Security hanya sebatas dilihat.

Artinya jika tidak ada peringatan seperti tanda seru atau tanda silang di Windows Defender tidak akan membuka program ini. Padahal ada fitur scan atau pindai yang bisa kalian gunakan untuk memindai semua file yang ada di perangkat.

Ada 4 pilihan opsi pindai yang bisa kalian gunakan mulai dari Quick scan, Full scan, Custom scan, dan Microsoft Defender Offline scan. Dari keempatnya saya akan membahas mengenai offline scan yang ada di Windows Defender.

Bagaimana cara menggunakan offline scan ini? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa fungsi dari tombol Capslock, Scroll Lock, dan Numlock serta jika kamu ingin ganti foto profil di akun Steam kalian bisa baca artikel mengenai cara tersebut.

Cara Menggunakan Windows Defender Untuk Scan Offline Perangkat Windows


1. Silakan kalian buka Windows Defender atau Windows Security lalu pilih Virus & threat protection

Silakan kalian buka Windows Defender atau Windows Security lalu pilih Virus & threat protection

2. Selanjutnya silakan pilih Scan options

Selanjutnya silakan pilih Scan options

3. Dari Quick scan silakan kalian ubah ke Microsoft Defender Offline scan

Dari Quick scan silakan kalian ubah ke Microsoft Defender Offline scan

4. Jika sudah silakan kalian tekan Scan now untuk mulai melakukan pemindaian 

Jika sudah silakan kalian tekan Scan now untuk mulai melakukan pemindaian

Apa Microsoft Defender Offline Scan Lebih Baik Dari Yang Lain?


Jawabannya iya, karena proses pemindaian dilakukan secara penuh sama seperti Full scan. Lalu apa bedanya dengan Full scan? Full scan perangkat PC atau laptop kalian masih menyala dan masih bisa digunakan walaupun terbebani dengan proses scan tadi. 

Selain itu prosesnya juga lama bisa 1 jam lebih. Sedangkan offline scan perangkat kalian akan dimatikan dan proses pemindaian cukup 15 menit saja. Karena dimatikan tentu saja perangkat tidak bisa digunakan akan tetapi prosesnya jauh lebih cepat. 

Oleh karena itu jangan hanya Quick scan saja apabila banyak data penting di komputer atau laptop yang kalian miliki. Windows Defender atau Windows Security sudah lebih dari cukup apabila kalian tau cara menggunakan dan memanfaatkannya dengan benar. 

Tidak perlu aplikasi dan program tambahan yang lebih berat. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami Windows Defender perlu di restart kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut. 

Silakan restart saja agar bisa berjalan normal kembali. Itu saja pembahasan kali ini semoga sedikit menambah wawasan kalian. Jangan lupa pilih offline scan walaupun harus mematikan perangkat tetapi prosesnya sangat cepat tidak sampai berjam-jam. 


EmoticonEmoticon