4 Cara Agar TV Tabung Tidak Mudah Panas Ketika Menyala

4 Cara Agar TV Tabung Tidak Mudah Panas Ketika Menyala

KEPOINDONESIA.id - Masih memiliki TV tabung di rumah dan kalian resah karena TV tabung yang kalian miliki panas atau mudah panas ketika dinyalakan?. Sebenarnya ini hal yang lumrah dan semua TV tabung pasti mengalami hal serupa. 

Tidak hanya di TV tabung saja tetapi di TV layar datar yang sudah smart TV ataupun menggunakan sistem operasi Android. Intinya TV atau televisi panas ketika dinyalakan wajar dan bukan tanda berbahaya.

Tetapi jika terlalu panas dan cepat panas bisa mempercepat kerusakan pada TV. Jadi kali ini saya akan membahas mengenai solusi mengatasi agar TV khususnya TV tabung tidak mudah panas ketika dalam keadaan hidup.

Khususnya ketika dinyalakan dan sedang ditonton. Hidup disini dalam artian terhubung ke stop kontak. Baik dalam keadaan layar menyala atau mati dan dalam kondisi standy. Apa saja cara agar TV Tabung tidak mudah panas?.

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba dan lakukan. Untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menghilangkan suara dengungan yang ada di TV serta ini dia beberapa barang elektronik lain yang bisa merusak TV yang kalian miliki.

Letakkan TV di Tempat Yang Sirkulasi Udaranya Bagus


Yang pertama kalian wajib meletakkan TV yang kalian miliki di tempat atau ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Ini sangat penting agar hawa panas di dalam TV mudah keluar dan tidak menyebabkan panas yang berlebih.

Tidak harus di posisi yang tinggi, yang jelas di ruangan yang sirkulasi udaranya bagus seperti ada angin masuk untuk mendorong angin yang di ruangan untuk keluar. Apabila tidak ada ruangan seperti ini tidak masalah tetapi jika ada bisa diusahakan.

Selalu Bersihkan Lubang Hawa di Sisi Kanan Kiri dan Atas TV


Lubang di kanan, kiri, dan atas TV tabung memiliki fungsi agar mesin TV tidak terlalu panas dan selalu terjaga suhunya. Apabila kotor dan tertutup selain dapat menyebabkan mesin didalam menjadi kotor juga dapat mempengaruhi pembuangan panas.

Jadi sesekali atau 1 bulan sekali bisa kalian bersihkan. Cukup dengan kain atau kemoceng agar tidak ada debu yang menumpuk. Khususnya jika rumah kalian tidak plafon ini harus sering kalian lakukan.

Gunakan Menutup TV Yang Sesuai Agar Tidak Menahan Hawa Panas


Sudah menjadi kebiasaan bahwa TV akan selalu ditutup kain diatasnya agar kotoran tidak ada diatasnya dan membuat tampilan TV tabung menjadi menarik. Tetapi kain yang kalian gunakan jangan kain yang benar-benar tebal.

Apabila tebal memang debu tidak akan tertahan, tetapi hawa panas di dalam TV tidak bisa keluar yang membuat TV tabung menjadi panas berlebih. Jadi cukup gunakan kain yang tipis saja yang penting rapat.

Wajib Matikan TV Sehari Sekali atau Dua Hari Sekali


Terakhir TV wajib dimatikan dan benar-benar tidak terhubung ke listrik 1 hari sekali atau 2 hari sekali. Tidak hanya berlaku untuk TV tabung saja tetapi juga di TV layar datar, Android TV, dan smart TV.

Karena ini dilakukan agar mesin di dalam TV benar-benar istirahat dan tidak dalam keadaan stanby. Sebenarnya tidak masalah tidak dimatikan secara menyeluruh akan tetapi lebih baik 2 hari sekali agar TV lebih awet.

Silakan ikuti dan terapkan apa yang sudah saya sebutkan untuk mencegah TV tabung yang kalian miliki mengalami panas berlebih. Panas yang ada memang ada dan ini wajar, tetapi panas berlebih perlu dihindari karena dapat merusak komponen.

Selain berdengung apabila TV kalian muncul bunyi desisan secara tiba-tiba padahal sebelumnya tidak ada kalian bisa baca artikel mengenai desisan tersebut. Ada beberapa penyebab yang bisa memunculkan bunyi desisan tadi.

Dan saya juga sudah membahas apa saja yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bunyi desisan tadi. Apakah ini tanda TV yang kalian miliki bermasalah? bisa iya dan bisa tidak. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca langsung saja pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon