Apa Boleh Bayar SPP Sekolah Bulan Depan? Karena Belum Ada Uangnya

Apa Boleh Bayar SPP Sekolah Bulan Depan? Karena Belum Ada Uangnya

KEPOINDONESIA.id - Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP wajib dibayar oleh para siswa setiap bulannya. Nominalnya masing-masing sekolah dan wilayah berbeda-berbeda karena ini kebijakan yang dibuat oleh sekolah itu sendiri.

SPP bisa kalian bayar setiap bulan atau bisa kalian lunasi secara langsung apabila kalian memiliki uang lebih. Pelunasan SPP sebelum waktunya sangat boleh dilakukan jadi bagi kalian yang malas bayar SPP karena selalu ngantri ini bisa dilakukan.

Pelunasan SPP untuk setahun boleh dilakukan, bagaimana jika menunggak SPP?. Seperti SPP bulan ini atau bulan lalu dibayarkan bulan depan atau bulan berikutnya? pasti banyak yang bertanya-tanya.

Dan jika bulan ini tidak dibayar apakah kita akan mendapatkan peringatan? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Akan saya bahas secara lengkap apa itu Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi NISN tidak dapat dicek secara online serta apa yang dimaksud dengan harga eceran dan harga SRP dalam jual beli.

Apa Boleh Uang SPP Dibayar Bulan Depan atau Bulan Berikutnya?


Tidak masalah, dari tingkat SD, SMP, dan SMA/Sederajat uang SPP tidak harus dibayar setiap bulannya. Ketentuan dibayar setiap bulan agar meringankan orang tua siswa agar tidak terlalu terbebani berbeda jika harus bayar semuanya.

Sebagai contoh total SPP untuk 1 tahun yaitu Rp. 1.200.000. Agar tidak terlalu terbebani disarankan untuk membayar SPP setiap bulannya sebenar 100 ribu. 100 ribu sampai 1 tahun hasilnya tetap sama yaitu Rp. 1.200.000.

Apa Jika Nunggak SPP Akan Mendapat Peringatan?


Tidak selalu, apabila nunggak 2 atau 3 bulan kalian tidak akan mendapatkan peringatan dari yang bersangkutan. Tetapi jika lebih seperti 5 bulan tidak pernah bayar uang SPP biasanya kalian akan ditanya kenapa belum bayar SPP.

Dan akan ditanya juga kapan bisa bayar SPP yang nunggak tadi. Kalian masih bisa belajar dan tetap bisa berangkat ke sekolah walaupun kalian nunggak bayar SPP beberapa bulan. Karena memang peringatan tadi sebatas teguran bisa saja kalian lupa atau orang kalian juga lupa.

Bagaimana Jika Sampai Akhir Semester SPP Belum Lunas?


Apabila sampai akhir semester uang SPP belum lunas biasanya kalian tidak boleh ikut ujian kenaikan kelas. Atau diizinkan jika orang tua kalian sudah datang ke sekolah untuk menjelaskan kenapa belum bayar SPP.

Nanti boleh ikut tes kenaikan kelas tetapi untuk menerima rapor SPP harus lunas. Sedangkan untuk kelulusan jika uang SPP atau uang lainnya belum lunas biasanya ijazah kalian akan ditahan oleh pihak sekolahan sampai semuanya terlunasi.

Tidak semua sekolah ada uang SPP karena ada sekolah yang benar-benar gratis, walaupun ada SPP biasanya tidak sampai 50 ribu setiap bulannya. Uang SPP digunakan untuk apa? saya sendiri kurang tau pasti. Akan tetapi kebanyakan untuk membangun sekolahan.

Mulai dari membuat gedung baru, renovasi gedung lama, hingga membuat sarana pendukung lainnya. Itu saja yang bisa saya bahas mengenai uang SPP. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara mudah buat garis kop surat di Microsoft Word.

garis kop surat wajib sekali digunakan jika kalian membuat surat seperti surat undangan. Ada macam-macam garis jadi kalian gunakan sesuai selera atau kebutuhan. Ingat buatnya harus rapi dan tidak panjang sebelah antara sisi kanan dan kiri.


EmoticonEmoticon