Arti COD Ditengah-Tengah Dengan Penjual di FJB Online

Arti COD Ditengah-Tengah Dengan Penjual di FJB Online

KEPOINDONESIA.id - Transaksi di forum jual beli atau FJB sudah saya lakukan sejak lama sekali sekitar tahun 2015. Walaupun sekarang sudah tidak saya cukup tau istilah-istilah yang digunakan dalam forum tersebut. Dan forum yang saya gunakan sudah jelas grup Facebook.

Atau lebih tepatnya grup Facebook jual beli lokal. Jika kalian tinggal di Semarang maka di grup jual beli barang bekas Semarang dan jika kalian tinggal di Solo maka di grup jual beli barang bekas Solo.

Nah ketika ingin transaksi dilakukan secara COD atau cash on delivery. Jadi istilah COD ini sebelum digunakan oleh marketplace sudah digunakan dalam FJB dari dulu. Dan ada istilah yang namanya COD di tengah-tengah.

Apa itu COD di tengah-tengah? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. COD di tengah-tengah dilakukan agar kedua pihak sama-sama menempuh jarak perjalanan yang sama jadi tidak ada yang diuntungkan dan dirugikan.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas apa itu COD di tengah-tengah. Namun sebelum lanjut kalian perlu tau apa yang dimaksud dengan barang like new. Serta jika kalian belum tau arti garansi pribadi kalian juga bisa baca artikel mengenai hal tersebut.

Apa Itu COD di Tengah-Tengah?


COD sendiri merupakan transaksi secara langsung, tetapi istilah COD di FJB merupakan transaksi tidak dirumah pembeli dan tidak dirumah penjual melainkan di tempat lain. Ini dilakukan karena biasanya rumah pembeli dan penjual berjauhan.

Keduanya saling tidak mau bertemu di rumah masing-masing karena salah satunya merasa keberatan. Nah muncul lah istilah COD di tengah-tengah. Jadi COD di tengah-tengah yaitu COD di lokasi di tengah-tengah antara rumah pembeli dan penjual.

Jadi keduanya saling menempuh jarang yang sama, tidak ada yang dirugikan dan tidak ada yang diuntungkan. Cara ini paling banyak digunakan karena memang efektif. Tetapi jika ingin lebih aman sebagai pembeli kalian bisa datang ke rumah penjual saja.

Apa Harus Selalu COD di Tengah-Tengah?


Tentu saja tidak, ini tidak harus. Tetapi memang rata-rata yang melakukan transaksi di FJB lokal selalu memilih COD di tengah-tengah baik pembeli atau penjualnya. Karena memang ini paling efektif daripada yang lain.

Ada beberapa ketentuan yang memang pembeli harus datang ke rumah penjual. Seperti nominal transaksi yang besar agar lebih aman, barang tidak bisa dibawa langsung, atau karena proses pengecekan membutuhkan listrik jadi harus dirumah.

Dan terkadang penjual yang datang ke rumah pembeli. Seperti karena pembeli tidak bisa bertemu diluar atau karena memang diminta oleh pembeli dan penjualnya mau karena nanti akan diganti dengan ongkos bensin.
 
Saya yakin tidak banyak yang tau mengenai istilah COD di tengah-tengah ini, karena memang hanya digunakan oleh mereka yang sering transaksi di FJB lokal. Saya sendiri dulu sangat sering melakukan hal tersebut.

Apa perlu membawa teman supaya aman saat COD? saya kira tidak perlu. Asalkan kalian teliti dan COD di lokasi yang ramai hal tersebut tidak perlu dilakukan. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca cara menghapus tulisan anda telah menghapus pesan di WhatsApp.

Memang untuk sekali WhatsApp tidak seperti Telegram. Ada fitur penghapus chat akan tetapi setelah chat kita hapus penerima akan diberi tau bahwa chat sebelumnya sudah dihapus. Memang chatnya tidak terbaca tetapi ini buat apa.


EmoticonEmoticon