Berapa Lama Umur Baterai Laptop? 1 Tahun, 3 Tahun, atau Sampai 5 Tahun?

Berapa Lama Umur Baterai Laptop? 1 Tahun, 3 Tahun, atau Sampai 5 Tahun?

KEPOINDONESIA.id - Laptop digunakan untuk produktivitas memang sangat membantu karena bisa dibawa kemana saja. Tidak seperti komputer atau PC, bisa digunakan dimana saja dan kapan saja tidak lepas dengan desain dan adanya baterai pada laptop.

Tanpa baterai laptop tidak akan bisa menyala begitu saja. Apabila habis baterai perlu diisi baik sambil digunakan atau tidak. Nah jika kalian benar-benar menggunakan laptop setiap harinya kalian pasti bertanya berapa umur ideal baterai laptop.

Umur ideal yang saya maksud yaitu kapan waktu baterai ini diganti atau benar-benar perlu diganti. Ini sebenarnya jawabannya sangat relatif sekali. Alias sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Akan tetapi akan saya bahas sebagai referensi.

Apabila ingin lama dan awet maka kalian wajib menggunakan laptop kalian dengan benar. Baik dalam menggunakan atau saat proses pengisian daya laptop. Jika asal-asalan baterai akan menerima efek buruk yang akan kalian rasakan kemudian hari.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas estimasi umur baterai laptop sebelum diganti. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan baterai 3 cell dengan 2 cell serta cara servis laptop ke tempat servis yang benar dan aman


Berapa Lama Baterai Laptop Bisa Bertahan Sebelum Diganti?


Ini tergantung dari banyak faktor, mulai dari gaya menggunakan laptop, umum laptop tersebut "jika kalian beli bekas", riwayat pengisian laptop, dan masih banyak yang lainnya. Supaya lebih mudah saya bahas untuk laptop baru saja.

Untuk laptop baru pemakaian normal seperti tidak untuk menjalankan program berat terus menerus, apabila baterai habis langsung di cas sebelum mati, dan hentikan proses pengisian daya setelah penuh maka baterai bisa bertahan sampai 3 tahun atau lebih.

Awet atau tidaknya juga dipengaruhi oleh spesifikasi perangkat dan kapasitas baterai laptop. Apabila spesifikasi laptop tinggi seharusnya kapasitas baterai jauh lebih besar. Tetapi jika ternyata lebih kecil pada umumnya maka sudah pasti akan boros.

Apa Boleh Menggunakan Laptop Ketika Sedang Dicas?


Tidak seperti HP, hal ini boleh dilakukan. Malahan untuk kinerja yang lebih maksimal laptop akan lebih powerful ketika digunakan sambil dicas. Karena ketika dicas atau diisi daya laptop dapat mengeluarkan semua performanya mulai dari CPU dan GPU.

Apabila hanya mengandalkan baterai ada limit agar baterai tidak terlalu boros. Laptop keluaran terbaru ada yang namanya autocut. Jadi jika sudah penuh 100% listrik dari adaptor charger akan secara otomatis mengaliri langsung ke mesin laptop tanpa masuk ke baterai.

Dengan cara ini baterai akan tetap awet walaupun terlihat melakukan pengisian daya terus menerus. Fitur autocut juga berlaku ketika kalian mengisi daya laptop dalam keadaan mati. Tetapi cara kerjanya berbeda tidak seperti ketika laptop digunakan.

Kapan Baterai Laptop Harus dan Perlu Diganti?


Wajib sekali apabila laptop kalian tidak bisa hidup apabila tidak dihubungkan dengan charger. Khususnya kalian yang selalu membawa dan menggunakan laptop di tempat yang memang tidak ada stop kontaknya. Jadi lebih baik diganti daripada repot sendiri.

Dan perlu dan lebih baik waktunya diganti apabila baterai hanya bertahan beberapa menit saja. Sebagai contoh hanya bisa bertahan 30 menit atau kurang. Walaupun masih bisa digunakan untuk menyalakan laptop tetapi waktu 30 menit atau kurang untuk apa? ini tidaklah cukup.

Untuk ukuran baterai laptop memang lumayan mahal. Tetapi dari segi kegunaan tidak semahal ganti keyboard laptop. Yang biasanya yang bermasalah 1 tombol tetapi harus ganti semunya. Ini tidak masuk akal dan merugikan.

Jadi silakan kalian pilih sendiri ingin ganti kapan. Yang jelas wajib sekali menggunakan baterai original apabila kalian ingin hasil yang maksimal. Untuk laptop keluaran lama mungkin susah mendapatkan baterai yang benar-benar original. 

Walaupun tidak original kalian bisa beli baterai laptop yang berkualitas walaupun merek lain. Sebelum saya akhiri apabila kipas di laptop Lenovo kalian error seperti tidak berputar atau muncul bunyi aneh kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. 

Kipas atau fan di laptop sangat berperan penting membuat laptop tidak overheat. Oleh karena itu jika sering berputar kencang kalian harus sadar bahwa apa yang sedang kalian lakukan membebani laptop yang kalian miliki karena bekerja secara maksimal. 


EmoticonEmoticon