Berapa Gaji Bekerja Sebagai Karyawan Rumah Makan?

Berapa Gaji Bekerja Sebagai Karyawan Rumah Makan?

KEPOINDONESIA.id - Apakah kalian penasaran dan ingin mencoba bekerja di rumah makan? kalian bisa baca artikel ini terlebih dahulu. Karena memang cukup banyak lowongan untuk bekerja di rumah makan yang bisa kalian coba daftar untuk melamar.

Rumah makan disini rumah makan biasa dan bukan restoran, atau bisa disebut warung makan yang memiliki karyawan lebih dari 3. Bukan warung tegal karena untuk warung tegal biasanya tidak membutuhkan karyawan yang banyak.

Ada banyak sekali pertanyaan mengenai pekerjaan di rumah makan, mulai dari gajinya berapa, tugasnya apa saja, serta fasilitas apa saja yang didapatkan. Untuk tau itu semua kali ini saya akan membahas mengenai informasi bekerja di rumah makan.

Mulai dari gaji, fasilitas, tugas yang akan kalian lakukan, dan cara melamarnya. Apa yang akan saya bahas tidak selalu sama dengan kenyataan. Karena banyak faktor yang mempengaruhi, akan tetapi setidaknya kalian tau estimasi hal tersebut.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menasehati supaya kakak kalian mau bekerja dan tidak menganggur serta apa saja tugas menjaga toko HP dan aksesoris atau yang disebut dengan konter.

Apa Saja Tugas Menjadi Karyawan Rumah Makan?


Tugasnya bermacam-macam karena pasti dibagi, akan tetapi setidaknya ada beberapa tugas yang perlu kalian ketahui. Yang pertama yaitu di dapur, mulai dari menyiapkan bahan, hingga masak. Ada juga yang bertugas bersih-bersih seperti cuci piring dan membersihkan sekitaran rumah makan.

Dibagian depan ada yang melayani dan ada juga kasir. Tugasnya tergantung rumah makan. Yang jelas tidak selalu pasti. Umumnya bekerja di rumah makan jam kerjanya lama jadi kalian harus siap datang cepat dan pulang telat.

Apa Saja Fasilitas Yang Didapatkan Ketika Bekerja di Rumah Makan?


Bermacam-macam tergantung dari rumah makan dimana kalian bekerja. Di beberapa rumah makan biasanya disediakan mes bagi mereka yang rumahnya jauh dan terkadang juga ada fasilitas BPJS. Keduanya sangat jarang kecuali rumah makan yang sudah besar.

Umumnya untuk rumah makan fasilitasnya yaitu gaji pokok, gratis uang makan, makan 2 kali sehari, ada THR dan terkadang bonus. Biasanya akan disampaikan ketika kalian melamar jadi tidak perlu khawatir.

Bagaimana Cara Melamar Kerja di ke Rumah Makan?


Lowongan dari rumah makan biasanya tidak terlalu dicari jadi pihak rumah makan biasanya tidak membuka lowongan secara terang-terangan. Alias dari mulut ke mulut oleh karyawan yang sudah bekerja dari sana.

Tetapi untuk lebih jelasnya kalian bisa tanyakan langsung saja ke lokasi. Tidak usah sungkan untuk datang dan bertanya. Atau bisa cari dan cek di halaman atau akun lowongan kerja di kota kalian apakah ada lowongan untuk rumah makan atau tidak.

Berapa Gaji atau Salary Bekerja di Rumah Makan?


Yang jelas belum UMR, akan tetapi termasuk tinggi mulai dari Rp. 1.200.000. Apakah gaji segitu layak? tergantung dari apa yang kalian kerjakan dan berapa jam kerjanya. Apabila tugas kalian mudah dan tidak terlalu lama kerjanya saya kira itu lumayan.

Akan tetapi jika berat dan jam kerja lama biasanya gajinya lebih besar. Karena gaji akan disesuaikan dengan tugas masing-masing karyawan dan tidak dipukul rata antara karyawan yang satu dengan yang lain.

Apa yang saya sebutkan diatas mengenai gaji, tugas, fasilitas, dan cara melamar berlaku juga untuk rumah makan seperti rumah makan padang ataupun restoran kecil. Karena definisi rumah makan sendiri cukup luas.

Sedangkan warung makan rata-rata tidak menggunakan karyawan. Sebelum saya akhiri apabila di lingkungan rumah kalian banyak sales keliling kalian bisa baca artikel mengenai cara menolak sales keliling dengan sopan yang selalu menawarkan jualan mereka.

Menawarkan jualan mereka memang tugas sales dan kita sebagai orang yang ditawari berhak untuk menolaknya. Jadi tidak usah tidak enakan dan tolak saja dengan halus demi sama-sama menghormati satu sama lain.


EmoticonEmoticon