4 Cara Mengatasi Honda Vario 110 Cepat Panas dan Overheat

4 Cara Mengatasi Honda Vario 110 Cepat Panas dan Overheat

KEPOINDONESIA.id - Masih banyak yang memiliki Vario 110 dan banyak juga yang merestorasi motor ini karena memang terbilang ikonik seperti Mio karbu. Seperti yang kalian tau generasi Yamaha Mio yang masih menggunakan karbu kini sedang banyak diminati.

Banyak yang merestorasi motor ini dan bisa dikatakan harganya cukup lumayan seperti motor 2 tak. Padahal Mio karbu belum bisa dikatakan motor tua, hanya saja memang motor matik ini memiliki kelebihan tersendiri.

Kembali ke topik, pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai Honda Vario 110 yang mudah panas atau mudah overheat. Salah satu keluhan di Vario 110 yang banyak dikeluhkan oleh pemakaiannya yaitu mudah overheat.

Overheat jika diabaikan dapat merusak mesin dan ini tidak boleh diabaikan. Tidak akan saya bahas dengan rinci, karena yang akan saya bahas bagian apa saja yang bisa menyebabkan overheat dan perlu kalian tindaklanjuti.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti cara membersihkan bekas tumpahan bakar bakar di cat kendaraan serta asal bunyi tek ketika sepeda motor di parkir setelah selesai dikendarai

Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai


Karena rasio kompresi Honda Vario 110 tidak terlalu tinggi yaitu hanya 9,5:1 kalian cukup menggunakan bahan bakar Pertalite saja. Ini sudah lebih dari cukup, selain murah, tenaga juga tidak berkurang, dan tidak mudah panas.

Kenapa tidak mudah panas? karena memang oktan yang lebih sedikit membuat pembakaran tidak terlalu panas. Karena semakin tinggi oktan pembakarannya semakin baik apabila di mesin dengan rasio kompresi yang sesuai, apabila tidak sesuai selain boros hanya membuat mesin jadi overheat.

Pastikan Radiator Bekerja Dengan Baik


Selanjutnya kalian wajib memastikan radiator pada Vario 110 yang kalian miliki bekerja dengan baik dan normal. Silakan kalian periksa dan cek semuanya, mulai dari selang radiator, air radiator, dan lain sebagainya.

Ingat jangan gunakan air biasa, gunakan air radiator sangat diwajibkan. Mahal sedikit tidak masalah tetapi ini untuk jangka waktu yang lama. Jadi jatuhnya tidak mahal demi perawatan Honda Vario 110 yang kalian miliki.

Gunakan Oli Yang Lebih Kental


Berikutnya kalian bisa gunakan oli dengan kekentalan yang sesuai, tidak harus yang mahal tetapi dengan kekentalan yang sesuai. Karena umur Vario 110 sudah cukup tua sangat disarankan gunakan oli yang lebih kental, karena celah antara piston, ring piston, dan boring akan semakin lebar.

Selain itu oli yang kental dapat menjaga suhu mesin agar tidak mudah panas. Selain itu dapat menghaluskan suara mesin dan membuat mesin tidak terlalu bergetar. Apapun mereknya bisa gunakan 15W-40 atau bisa yang 20W-40.

Tekanan Angin Ban Wajib Normal


Normal disini tidak kurang, karena jika kurang beban mesin akan bertambah karena motor akan lebih berat saat berjalan. Secara otomatis jika beban mesin bertambah maka kinerja mesin akan bertambah juga.

Apabila kinerja mesin bertambah maka mesin akan mudah panas atau overheat. Wajib selalu di tekanan yang normal dan jika ingin lebih keras tidak masalah. Asalkan tidak terlalu keras agar motor tetap nyaman untuk dikendarai.

Bisa kalian ikuti apa yang sudah saya sebutkan diatas. Yang jelas memang pada perawatannya, tidak boleh asal-asalan. Karena sepeda motor selain dikendarai juga harus dirawat akan tetap awet dan selalu dapat diandalkan.

Oli jangan sampai telat ganti ataupun habis, selalu cuci apabila sudah kotor, dan usahakan selalu lewat jalan yang bagus. Itu saja tips dari saya mengenai cara agar Honda Vario 110 tidak mudah overheat. Jas hujan yang kalian miliki kaku ketika dipakai?.

Kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut. Rata-rata jas hujan dengan kualitas yang tidak begitu bagus akan kaku apabila perawatannya tidak benar. Walaupun begitu masih bisa dibuat agar tidak menjadi kaku dan lentur seperti sebelumnya.


EmoticonEmoticon