Cara Mengetahui Jadwal Kuda Lumping atau Jathilan Hari Ini

Cara Mengetahui Jadwal Kuda Lumping atau Jathilan Hari Ini

KEPOINDONESIA.id - Kesenian kuda lumpang atau yang juga sering disebut jarang kepang atau jathilan merupakan kesenian yang sangat populer di pulau Jawa. Kesenian ini selalu ditunggu-tunggu apabila ada pementasan tidak heran komunitas pecinta jarang kepang atau kuda lumping sangat banyak.

Saya sendiri suka dengan kesenian atau tontonan ini karena memang keren dan seru. Walaupun sudah beda generasi akan tetapi tetap saja sangat layak ditonton. Daripada ndolalak atau wayang kulit saya pribadi lebih suka kuda lumping ini.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengetahui jadwal pementasan jathilan atau yang sering disebut jarang kepang atau kuda lumping. Sebenarnya sama saja dan jika ada perbedaan alat musik yang mengiringi merupakan hal yang wajar.

Biasanya yang pasti ada yaitu angklung, gendang, kolintang, dan gong. Dan yang lainnya biasanya dapat menyesuaikan dan bisa dibantu dengan organ tunggal. Lebih jelas mengenai jawa kuda lumping atau jaran kepang kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa boleh meminta interview secara online saja karena tidak dapat datang ke lokasi serta lama proses perpanjangan SIM di SATLANTAS, apakah memang lama?.

Informasi Dari Media Sosial


Yang pertama kalian bisa mengetahui jadwal pementasan jathilan atau kuda lumping lewat media sosial. Baik postingan seseorang atau jika di Facebook bisa dari grup Facebook. Apabila ada kolom pencarian kalian bisa gunakan kolom pencarian tadi.

Silakan kalian cari dan browsing saya seputar jadwal kuda lumping di dekat lokasi kalian. Memang tidak setiap hari ada tetapi biasanya 1 minggu sekali di satu kota atau kabupaten pasti ada yang namanya pementasan jaran kepang ini.

Dari Komunitas atau Grup


Berikutnya kalian bisa mendapatkan informasi dari grup ataupun komunitas. Silakan kalian bergabung ke grup dan komunitas kuda lumping, jaran kepang, atau jathilan. Anggota komunitas biasanya akan berbagi jadwal untuk hari ini, besok, atau hari depannya lagi.

Untuk di kota saya cukup banyak anggota komunitas ini dan hampir setiap hari pada ada pementasan. Walaupun jauh dari rumah jika ingin menonton tetap bisa. Karena walaupun jauh masih satu kabupaten kota.

Informasi Dari Orang Lain


Dan yang terakhir lewat informasi yang dibagikan orang lain baik teman kalian, tetangga kalian, kenalan kalian, atau penjual yang kalian temui. Informasi yang dibagian dari mulut ke mulut biasanya akan cepat tersampaikan.

Jadi jika setiap harinya kalian berjumpa dan mengobrol dengan orang informasi seperti pementasan kuda lumping seharusnya mudah kalian dapatkan. Berbeda jika kalian jarang bertemu orang karena memang tidak ada kepentingan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui jadwal pementasan kesenian kuda lumping atau jaran kepang. Kesenian ini sangat populer di Jawa dan banyak juga di luar pulau Jawa yang pendudukanya mayoritas dari Jawa. 

Tidak semua kesenian ini menarik karena memang dipengaruhi banyak faktor, tetapi yang jelas tetapi layak untuk ditonton. Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca cara menonton acara TV gratis menggunakan UseeTV.

Sekarang memang Vidio.com mendominasi akan tetapi tetap saja banyak yang menggunakan UseeTV. Apabila kalian juga pengguna UseeTV kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut.


EmoticonEmoticon