Memberi Rating Bintang 1 dan Ulasan Buruk Apa Boleh?

Memberi Rating Bintang 1 dan Ulasan Buruk Apa Boleh?

KEPOINDONESIA.id - Istilah "Tidak ramah bintang 1" pasti tidak asing kalian dengar. Memberikan bintang 1 memang hak kita apabila pelayanannya memang buruk sekali. Mulai dari toko online yang ada di marketplace, layanan ojek online dan semacamnya, ataupun di Google Maps.

Umumnya jumlah bintang sampai 5. Bintang 1 sangat buruk, bintang 2 buruk, bintang 3 standar atau lumayan, bintang 4 baik, dan bintang 5 sangat baik. Kita sebagai pelanggan atau customer tidak akan menerima dampak apapun jika memberikan bintang 1. 

Tetapi bagi mereka yang menjadi mitra dan diberi bintang 1 atau bintang 2 biasanya akan mendapatkan saksi hingga pemutusan mitra. Oleh karena itu apakah boleh memberikan bintang 2 atau bintang 1 apabila dampaknya seperti itu?.

Akan saya bahas di artikel kali ini agar kalian tau. Dengan begitu kalian tidak segan lagi memberi bintang 1 atau bintang 2 dan tidak asal lagi memberi bintang 2 atau bintang 1. Harus benar-benar kalian pikirkan dengan matang-matang.

Alternatifnya bintang bisa kalian berikan yang bagus tetapi ulasan bisa kalian tulis semua keluh kesah kalian. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara melihat pesan berbintang di WhatsApp yang sudah kalian simpan serta cara mention akun TikTok orang lain di komentar video TikTok.

Apa Boleh Memberikan Bintang 1 dan Bintang 2?


Boleh saya tidak masalah, tetapi jangan asal. Karena bintang atau rating ini langsung mempengaruhi performa akun tidak seperti ulasan. Apabila hanya kesalahan kecil lebih baik kalian beri bintang 4 atau 5.

Tetapi pada ulasan silakan kalian tulis apa yang harus diperbaiki. Bintang 1 dan 2 hanya diberikan apabila kesalahan sudah tidak bisa ditolerir lagi. Dan bisa kalian berikan ketika pelanggan lain juga memberikan bintang yang sama.

Apa Boleh Memberikan Ulasan Yang Jelek?


Karena tidak mempengaruhi performa akun ulasan yang buruk dan jelek tidak masalah asalkan bintang diberi yang bagus. Ulasan bertujuan agar orang lain tau apa pendapat pelanggan yang terlebih dahulu dilayani.

Karena memang sistem hanya mendeteksi bintang atau rating saja. Ulasan bisa dianggap sebagai komentar dan kritik agar yang berkaitan memperbaiki dan yang belum mencoba menjadi pelanggan tau apa yang dialami pelanggan sebelumnya.

Apa Efeknya Jika Membeli Bintang 1 dan Ulasan Buruk?


Bagi kita tentu saja tidak ada, tetapi efeknya ada pada orang yang bersangkutan. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, apabila rating atau bintang jelek banyak diterima maka bisa menyebabkan putus mitra.

Tetapi untuk ulasan ini tidak berpengaruh sama sekali. Hanya saja dapat membuat calon pelanggan menjadi ragu dengan akun tersebut. Karena memiliki banyak rating dan ulasan yang jelek-jelek.

Apa kesimpulannya? kesimpulannya yaitu tidak masalah memberikan rating jelek dan ulasan yang jelek pada toko online, driver, ataupun di Google Maps. Hanya saja untuk driver dan toko online saran saya jangan asal beri rating yang jelek.

Karena hal tersebut langsung mempengaruhi akun mereka, sedangkan di Google Maps tidak masalah. Sebelum saya akhiri apakah kalian tau daftar lengkap nomor kendaraan di Indonesia? apakah huruf abjad ada semua?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca apa yang sebelumnya sudah saya bahas. Apakah perlu di hafal? sebenarnya tidak perlu. Tetapi jika kalian ingin menghafalnya tidak masalah agar kalian tau semuanya.


EmoticonEmoticon