Cara Menegur Tetangga Yang Memelihara Ayam Secara Liar di Halaman

Cara Menegur Tetangga Yang Memelihara Ayam Secara Liar di Halaman

KEPOINDONESIA.id - Memelihara ayam sebagai peliharaan sampingan banyak dilakukan oleh orang-orang, baik di desa atau di kota. Bedanya di desa selain di kandang ayam biasanya dilepas liarkan atau yang biasa disebut dengan diumbar.

Sedangkan di kota sudah pasti ayam akan dikandang, walaupun ada yang dilepas liarkan karena ada lahannya. Di desa sendiri melihat ayam bebas di depan rumah, belakang rumah, atau di pekarangan menjadi hal biasa.

Walaupun si pemilik rumah dan tanah tidak memiliki ayam, karena ayam tersebut milik tetangga. Tetapi terkadang ada ayam yang nakal alias sering masuk ke teras rumah orang dan buang kotoran di tempat tersebut.

Tidak hanya sekali dua kali, tetapi ayam yang sudah terbiasa pasti akan mengulanginya kembali. Bagaimana jika ayam miliki tetangga kalian seperti itu dan kalian sudah sebal karena harus membersihkan terus?. Tenang saja, ada beberapa teguran yang bisa kalian gunakan.

Kali ini saya akan membahas mengenai teguran untuk tetangga yang memiliki ayam sering buang kotoran di sembarang tempat. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang disebut dengan gojeh dan nyilek pada anak kecil serta ayam utuh 2KG akan jadi berapa potong ayam jika dipotong-potong?.

Usir Ayam Ketika Pemiliknya Melihat


Cara paling mudah yaitu kalian bisa usir ayam yang nongkrong di teras rumah kalian ketika pemilik ayam tadi melihat. Cara ini dilakukan dengan harapan pemilik ayam tau bahwa kalian merasa keberatan dan sadar bahwa ayam mereka selalu masuk ke teras dan selalu membuat kotor.

Basa Basi Ketika Sedang Ngobrol Tentang Ayam


Berikutnya kalian bisa basa basi ketika kalian sedang mengobrol dan pembahasannya tentang ayam. Cara ini sangat efektif sebagai teguran awal, daripada langsung terang-terangan lebih baik menunggu situasi yang pas.

Usir Terus Ayam Agar Pemiliknya Peka


Berikutnya kalian usir terus agar pemilik ayam peka. Belum waktunya kalian langsung mengeluh, jadi silakan kalian suri terus dengan harapan pemilik ayam tau bahwa ayam yang mereka miliki sangat mengganggu.

Katakan Bahwa Ayamnya Mengganggu


Tetapi tidak secara terang-terangan, jelaskan saja bahwa ayam yang dimiliki sering buang kotoran di teras kalian. Dan kalian setiap hari selalu membersihkan kotoran tadi. Cukup itu saja kalian tidak perlu berbicara hal yang lain yang tidak penting. 

Katakan Dengan Tegas Tentang Ayam Tadi


Terakhir kalian bisa katakan tegas bahwa ayam tadi tidak disukai karena sering buang kotoran. Jadi kalian bisa katakan bahwa ayam tersebut lebih baik di kandang saja dan jangan di lepas liarkan karena tidak seperti ayam yang lain.

Masalah seperti ini sudah lumrah terjadi di desa dan kampung, dan pemilik ayam atau unggas lain seperti mentok juga harus paham. Tidak semuanya tetapi terkadang ada ayam yang seperti itu.

Suka nongkrong di rumah orang seperti di teras. Padahal ayam lain sibuk mencari makanan tetapi ayam ini malah nongkrong. Itu saja pembahasan mengenai ayam yang suka buang kotoran di teras rumah. Sebelum saya akhiri apakah kalian tau yang disebut porsi sedang tapi banyak.

Apabila kalian belum tau kali ini saya akan membahas mengenai hal tersebut. Kalian bisa baca artikel mengenai apa itu porsi sedang tapi banyak. Mungkin kalian sering mendengar istilah tadi tetapi tidak tau maksudnya.


EmoticonEmoticon