4 Cara Menyimpan APAR Yang Benar Sesuai Standar Keamanan

4 Cara Menyimpan APAR Yang Benar Sesuai Standar Keamanan

KEPOINDONESIA.id - Alat Pemadam Api Ringan atau APAR seharusnya dimiliki oleh setiap rumah, akan tetapi karena harganya yang cukup mahal tidak banyak rumah yang memilikinya. Hanya beberapa saja yang memang membutuhkan.

Membutuhkan disini yaitu di rumah tersebut banyak aktivitas yang bisa memicu kebakaran, jadi untuk alasan keamanan mau tidak mau harus memiliki APAR. Selain itu APAR juga memiliki masa kadaluwarsa.

Berapa lama masa kadaluwarsa APAR atau pemadam api ini? masa kadaluarsanya rata-rata 3 sampai 5 tahun. Apabila sudah kadaluwarsa lebih baik kamu beli yang baru. APAR yang lama tidak perlu kamu buang cukup disimpan saja.

Walaupun sudah kadaluwarsa dalam keadaan terdesak  APAR kadaluwarsa tadi tetap dapat membantu dan digunakan. Kembali ke topik utama sesuai judul, bagaimana cara menyimpan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan yang benar dan aman.

Ada beberapa poin yang harus kalian ketahui, untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menghilangkan rekomendasi aplikasi yang selalu muncul di HP Xiaomi serta apa yang dimaksud dengan rapopo dan mboten nopo-nopo.

Tempatkan di Tempat Yang Mudah Diakses dan Dilihat


Pertama APAR atau Alat Pemadam Api Ringan wajib diletakkan di tempat yang mudah diakses dan mudah dilihat. Karena biasanya jika ada api semua orang akan panik, apabila tidak mudah dilihat dan sulit diakses untuk dapat menemukan dan menggunakan APAR tadi memerlukan waktu.

Jadi letakkan APAR di tempat-tempat yang mudah dilihat dan diakses. Tidak hanya 1 APAR saja, disarankan memiliki beberapa APAR dan ukuran APAR disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Posisikan APAR di Ketinggian Yang Sesuai


Sesuai disini tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Apabila terlalu rendah APAR akan mudah tersentuh benda atau zat lain yang dapat mempengaruhi APAR. Dan jika terlalu tinggi biasanya kendalanya akan sulit diambil.

Ketinggian paling rendah untuk APAR atau Alat Pemadam Api Ringan yaitu 15 cm dari permukaan lantai. Dan yang direkomendasikan yaitu sekitar 130 cm dari permukaan lantai atau 1, 3 meter. Ini sudah aman sekali karena bisa diambil oleh orang dewasa yang pendek sekalipun.

Lengkapi APAR dengan Tanda Apar dan Masing-Masing Jangan Terlalu Jauh


Tanda APAR untuk memudahkan APAR diketahui oleh orang yang tidak tau APAR itu yang seperti apa. Apabila ada tanda yang tertulis kata APAR maka yang tidak tau atau sewaktu panik akan langsung tau dan mengambilnya.

Selain itu jarak APAR yang satu dengan yang lain tidak boleh terlalu jauh atau lebih dari 15 meter. Beda ruangan tidak masalah tetapi jaraknya tidak boleh lebih dari 15 meter. Apabila ruangannya kecil APAR bisa ditempatkan dengan 1 APAR untuk 2 ruangan.

Pemeliharaan dan Perawatan APAR Harus Dilakukan


Dan yang terakhir APAR juga harus dirawat agar ketika digunakan nanti tidak ada kendala. Seperti APAR tidak boleh disimpan di tempat dengan suhu kurang dari -44ºC dan lebih dari 49ºC . Bagaimana jika terkenal sinar matahari dan kehujanan?.

Apabila APAR berada di outdoor hal tersebut tidak masalah, karena APAR didesain untuk indoor dan outdoor. Penggunaan Box APAR sangat penting untuk APAR outdoor jadi wajib menggunakan box ini apabila diletakkan di luar ruangan.

Itu dia beberapa standar penempatan Alat Pemadam Api Ringan atau yang sering disebut APAR. Rata-rata memang asal-asalan akan tetapi APAR tetap aman dan dapat diandalkan ketika dibutuhkan dalam keadaan mendesak.

Tetapi alangkah baiknya tetap disimpan dengan benar sesuai standar agar efektifitas APAR tetap terjaga. Itu saja pembahasan dari saya mengenai cara menyimpan dan meletakkan APAR. Sebelum saya akhiri kalian harus tau biaya jasa pasang ban di bengkel pinggir jalan.

Untuk jasa pasangnya murah saja, tetapi untuk harga ban tergantung dari tipe dan merek ban yang kalian beli. Karena memang ada yang murah dan ada yang mahal jadi silakan kalian pilih sesuai selera dan kebutuhan kalian.


EmoticonEmoticon