4 Cara Mengatasi Yamaha Mio J Yang Ngempos dan Tidak Bertenaga

4 Cara Mengatasi Yamaha Mio J Yang Ngempos dan Tidak Bertenaga

KEPOINDONESIA.id - Mio J merupakan moto matik Yamaha pertama yang menggunakan injeksi sebagai pengganti karburator. Motor ini diluncurkan pada tahun 2012 bersamaan dengan motor injeksi lainnya seperti Yamaha Jupiter Z1.

Dan seperti yang kalian ketahui semua kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor kini sudah injeksi semuanya. Mio J saat awal-awal sangat banyak diminati dan banyak dibeli karena jika dibandingkan dengan generasi Mio sebelumnya untuk urusan bahan bakar ini lebih irit.

Karena memang injeksi terkenal dengan keiritan bahan bakarnya. Sesuai judul yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai Mio J ngempos dan tidak bertenaga. Apabila tidak bertenaga maka ada yang salah dengan motor yang kalian miliki.

Untuk itu supaya Mio J yang kalian miliki bisa normal kembali dan tidak menambah kerusakan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Apa yang akan saya bahas kali ini untuk Mio J, untuk yang lainnya baik Mio generasi selanjutnya atau dari pabrikan lain seperti BeAT dan Vario akan saja bahas nanti.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara agar motor kita tidak dipinjam oleh tetangga terus menerus serta cara mengatasi lampu rem belakang sepeda motor yang mati.

Masalah Pada Ruang Bakar


Pertama biasanya ada masalah pada ruang bakar. Masalahnya bermacam-macam dan banyak mulai dari piston, ring piston, boring linier, hingga klep. Apabila kendala ada di ruang bakar sebelum tambah rusak dan fatal lebih baik segera kalian perbaiki.

Khususnya jika dari lubang knalpot sudah keluar asap, ini tanda bahwa ruang bakar Mio J kalian sudah bermasalah. Oleh karena itu silakan bawa ke bengkel terpercaya kalian tidak perlu bawa ke bengkel resmi.

Masalah Pada Sensor-Sensor


Selain pada ruang bakar masalah juga bisa berasal dari sensor-sensor yang ada. Karena memang injeksi bekerja dengan bantuan sensor yang ada. Apabila ada sensor yang mati atau error masalah seperti ngempos dan tidak bertenaga sudah pasti akan terjadi.

Untuk masalah sensor biasanya karena sensor yang sudah kotor. Tetapi jika tidak menggunakan alat kalian tidak tau sensor apa yang bermasalah. Jadi silakan bawa ke bengkel resmi atau bengkel spesialis injeksi. Tidak akan mahal biayanya karena hanya membersihkan sensor saja.

Masalah Pada Bagian CVT


Untuk ini jika disebut ngempos kurang tepat karena tenaga dari mesin ada dan besar, lebih tepatnya Mio J kalian tidak bertenaga. Untuk urusan CVT masalahnya bermacam-macam jadi untuk tau langsung bagian CVT harus dibuka.

Apabila tidak perlu pergantian komponen biasanya dilakukan servis CVT dengan cara pembersihan komponen. Karena rata-rata CVT mudah kotor jadi perlu dibersihkan setidaknya 1 tahun sekali atau sesuai dengan kebutuhan.

Masalah Pada Bagian Injektor


Dan yang terakhir karena ada masalah pada bagian injektor. Apabila injektor lemah sumplai bahan bakar ke ruang bakar akan berkurang. Karena berkurang proses pembakaran jadi tidak sempurna dan hasilnya akan ngempos.

Efeknya memang tidak terlalu parah tidak seperti jika dari awal ruang bakar sudah bermasalah. Akan tetapi jika kalian biarkan maka cepat atau lambat ruang bakar akan berkerak atau baret karena sumplai bahan bakar yang kurang tadi.

Karena sudah berumur 10 tahun lebih apabila Mio J yang kalian miliki tiba-tiba ngempos dan dari beli belum pernah turun mesin maka ini hal yang wajar. Artinya memang perlu servis besar karena sudah dipakai cukup lama.

Apabila dari beli belum pernah turun mesin bisa dikatakan motor kalian bagus dan terawat dan penggunaanya tidak asal-asalan. Itu saja mengenai Mio J dan apabila kalian sering mengendarai Satria FU atau Honda Sonic dan sering pegal kalian harus tau tips agar tidak pegal dan capek.

Karena kedua motor tadi posisi ridingnya memang tidak nyaman. Baikan lebih tidak nyaman daripada motor sport. Jika badan kalian kecil mungkin tidak masalah tetapi jika badan untuk rata-rata orang sudah pasti tidak akan nyaman walaupun jarak dekat.


EmoticonEmoticon