6 Cara Memperbaiki Realme 5i Tidak Ada Sinyal dan Tidak Muncul

6 Cara Memperbaiki Realme 5i Tidak Ada Sinyal dan Tidak Muncul

KEPOINDONESIA.id - Realme 5i salah satu HP dari Realme yang cukup banyak diminati. Brand Realme sendiri terbilang baru dan merupakan sub-brand dari Oppo untuk awal-awal. Tetapi untuk sekarang bisa dikatakan keduanya berdiri sendiri.

Ada banyak sekali tipe HP Realme salah satunya yang terbaru yaitu Realme 12+ Pro 5G, Realme 12+, Realme 11 Pro+ 5G, Realme C67, Realme C65, dan masih banyak yang lainnya. Banyaknya persaingan dalam produk smartphone ini sangat menguntungkan konsumen seperti kita. 

Karena untuk sekarang dengan uang tidak lebih dari 2 juta kalian bisa mendapatkan HP yang bagus. 5 tahun yang lalu tidak bisa dan rata-rata dengan spesifikasi yang sama harganya diatas 3 juta. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sinyal yang hilang atau tidak ada di HP Realme 5i.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kendala ini. Yang jelas ada banyak faktor penyebabnya. Ada yang hanya error saja hingga ada kerusakan yang perlu sekali dilakukan servis atau penggantian komponen. 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan SIM tidak provisioning serta cara mengatasi router D-Link yang indikatornnya tidak mau hijau alias merah terus.

Pastikan Sedang Tidak Ada Gangguan


Yang pertama kalian wajib memastikan bawa memang sedang tidak ada gangguan sinyal seluler di operator yang kalian miliki sekarang. Kalian bisa cek atau tanyakan ke teman lain yang menggunakan operator yang sama. Jika memang sedang gangguan silakan kalian tunggu saja.

Pastikan Nomor Masih Aktif


Berikutnya kalian wajib memastikan nomor yang kalian gunakan dan miliki masih aktif. Apabila sudah tidak aktif wajar saja jika tidak ada sinyalnya. Jadi silakan kalian cek masa aktif kartu dan pastinya masih ada dan jika sudah mau habis silakan kalian perpanjang.

Aktifkan Mode Pesawat


Bisa saja sinyal hilang dan tidak ada karena HP yang kalian miliki error. Untuk mengatasi hal ini dengan cara yang paling mudah yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Tunggu sekitar 30 detik lalu kalian matikan.

Mulai Ulang Perangkat


Apabila dengan mode pesawat belum berhasil kalian bisa coba mulai ulang atau reboot perangkat yang kalian miliki. Silakan kalian coba reboot dan tunggu sampai proses booting selesai. Di beberapa kasus setelah HP nyala kembali sinyal akan muncul dan langsung penuh.

IC Sinyal Lemah


Yang berikutnya karena IC sinyal pada HP Realme 5i yang kalian miliki sudah lemah. IC yang saya maksud seperti IC Baseband dan IC WTR. Apabila lemah biasanya sinyal masih muncul tetapi terkadang hanya 1 batang saja atau malah sering hilang.

Ganti IC Sinyal Yang Sudah Lemah


Terakhir jika memang masalah ada pada IC sinyal kalian bisa ganti IC sinyal yang sudah lemah tadi. Silakan kalian bawa saja ke tempat servis untuk di periksa IC mana yang bermasalah dan akan langsung diperbaiki baik di servis atau diganti. Tetapi biasanya diganti agar masalah tidak muncul kembali dalam waktu dekat.

Masalah sinyal HP yang tidak mau muncul dan hilang sangat sering terjadi di HP apapun itu. Tetapi memang jika dari bawaan memiliki penyakit sinyal cepat atau lambat kalian akan mengalami kendala yang sama.

Oleh karena itu tidak disarankan terlalu sering mengaktifkan dan menonaktifkan mode penerbangan atau mode pesawat apabila tidak perlu karena ini sangat berpengaruh. Sebelum saya akhiri apakah kalian kesulitan mengecek pulsa di nomor XL yang kalian miliki?.

Apabila kalian mengalami kendala serupa kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut. Sebenarnya nomor XL atau dari operator lain mudah di cek. Akan tetapi jika ada yang bermasalah memang tidak akan bisa kalian cek dan periksa.


EmoticonEmoticon