4 Cara Mengatasi SIM2 Tidak Terbaca di HP Realme Padahal Sudah Dimasukkan

4 Cara Mengatasi SIM2 Tidak Terbaca di HP Realme Padahal Sudah Dimasukkan

KEPOINDONESIA.id - SIM2 umumnya digunakan sebagai tambahan atau pendukung SIM utama atau SIM1. Ada yang memang hanya sekedar pendukung saja tetapi terkadang ada yang menggunakan SIM2 sebagai nomor penting lainnya.

Jadi ada beberapa orang yang memiliki lebih dari 1 nomor penting, bisa 2, 3, bahkan lebih. Pada kesempatan kali ini jika kalian menggunakan HP Realme dan mengalami SIM2 di HP Realme kalian tidak terbaca kalian berada di artikel yang tepat.

Karena kali ini saya akan membahas mengenai hal tersebut. Akan saya bahas mengenai cara mengatasi SIM2 yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi di HP Realme. Berlaku untuk semua HP Realme dan tidak akan saya sebutkan tipenya.

Mungkin juga berlaku untuk di merek lain tetapi rujukan saya kali ini yaitu ke Realme. Karena memang kasus SIM2 tidak terbaca di HP ini sangat banyak. Dan banyak yang mengeluhkan padahal sebelumnya normal dan tidak ada masalah sama sekali.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi tidak ada sinyal di Realme 5i serta cara menyetel data seluler ingin menggunakan SIM1 ataupun SIM2.

Kartu SIM Belum Terpasang Dengan Benar


Yang pertama karena kartu SIM yang kalian masukkan ke slot SIM2 belum terpasang dengan benar. Ini membuat kartu SIM menjadi tidak terbaca walaupun untuk SIM1 nya bisa dan tidak ada kendala sama sekali.

Silakan kalian keluarkan kembali dan pasang dengan benar. Pastikan bahwa kartu SIM tersebut memang masih bisa. Jika sudah tidak bisa apapun penyebabnya maka bisa disimpulkan masalah ada pada kartu SIM. 

Jangan Menonaktifkan Kartu SIM2


Ada banyak pengguna yang menggunakan dual SIM akan tetai SIM2 selalu dinonaktifkan lewat pengaturan. Dan hanya diaktifkan apabila dibutuhkan saya karena memang jarang digunakan. Cara ini dilakukan untuk menghemat baterai.

Seperti yang kalian ketahui jika kedua slot SIM aktif penggunaan baterai akan jadi lebih banyak. Oleh karena itu karena SIM2 jarang digunakan tetapi masih dibutuhkan biasanya dinonaktifkan. Jadi jika kalian ganti kartu baru pastikan SIM2 sudah aktif.

IMEI Slot SIM2 Hilang atau Null


Berikutnya karena IMEI di SIM 2 hilang atau null. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi yang jelas ada hubungannya dengan software. Untuk di HP Realme sendiri biasanya setelah update sistem operasi.

Banyak kasus HP Realme setelah update sistem operasi IMEI SIM 2 menjadi null. Karena null tadi membuat kartu SIM yang dimasukkan tidak akan terbaca. Solusinya apa? silakan kalian coba kembali ke setelah pabrik.

Bawa ke SC Realme atau ke Tempat Servis


Apabila dengan kembali ke setelan pabrik masih belum berhasil maka bisa disimpulkan perli di flash dan lain sebagainya. Silakan kalian bawa HP Realme yang kalian miliki ke tempat servis untuk dilakukan pengecekan.

Apabila masih garansi dan kalian mau ke SC Realme lebih baik kalian bawa ke SC Realme. Tetapi jika jauh dan masih garansi ke tempat servis biasa juga tidak masalah yang terpenting ke tempat servis terpercaya.

Apabila IMEI SIM2 memang sudah null maka penyebabnya sudah pasti. Silakan kalian bawa ke service center resmi Realme atau bawa ke tempat servis. Apabila IMEI tadi tidak dikembalikan selamanya SIM2 tidak akan bisa kalian gunakan.

IMEI null ini memang sering terjadi, tetapi tidak begitu saja. Dan ini sudah pasti hubungannya dengan software dan bukan hardware. Sekian pembahasan dari saya mengenai SIM2 di Realme tidak terbaca. Senter di HP Realme kalian tidak menyala?.

Kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut. Saya sudah pernah membahas mengenai senter yang ada di HP Realme. Jadi silakan kalian baca saja apabila kalian mengalami kendala yang sama.


EmoticonEmoticon