7 Cara Memperbaiki TV Tidak Bersuara Tetapi Muncul Gambar

7 Cara Memperbaiki TV Tidak Bersuara Tetapi Muncul Gambar

KEPOINDONESIA.id - Aneh rasanya jika menonton TV tetapi tidak ada suaranya. Hal ini bisa saja terjadi dan memang sudah banyak dialami oleh pengguna. Saya sendiri dulu pernah mengalaminya dan saya nikmati beberapa saat karena belum sempat membawanya ke tempat servis TV.

TV hanya tampil gambar dan tidak bersuara tentu saja bagi sebagian orang masih cukup daripada tidak menonton TV sama sekali. Padahal ini tidak nyaman dan kenikmatan menonton TV tidak ada.

Karena TV atau televisi selain gambar juga perlu menikmati suaranya. Oleh karena itu jika kalian mengalami TV tidak ada suara dan hanya gambar saja kalian berada di artikel yang tepat. Kali ini saya akan membahas hal tersebut agar kalian tau.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi agar kamera tidak panas saat digunakan serta arti dari kode IE pada mesin cuci yang perlu kalian ketahui.

Volume Kurang Tinggi


Yang pertama karena volume kurang tinggi. Baik volume TV atau volume dari receiver atau STB. Jadi apabila kalian menggunakan STB atau receiver volumenya bisa ditambah dan dibuat rendah sekali. Karena antara volume TV dan volume STB berbeda, jadi silakan tambah volumenya agar suara terdengar. 

Pastikan Tidak Mute


Mute merupakan mode yang membuat suara dari TV menjadi bisu atau hilang seketika dengan cepat. Alih-alih menurunkan volume yang cukup memakan waktu dengan tombol mute suara dari TV akan langsung hilang dan akan muncul lagi ketika tombol mute ditekan kembali.

Coba Pindah Channel Lain


Ini dilakukan untuk memastikan apakah semua siaran atau channel memang tidak ada suaranya atau hanya channel yang sedang kalian tonton sekarang. Apabila hanya 1 channel saja kemungkinan besar dari pusat memang suaranya sedang hilang jadi kalian tidak perlu khawatir.

Periksa Kabel RCA


Bagi pengguna STB dan parabola wajib sekali memastikan kabel RCA terpasang dengan benar. Karena salah satu dari 3 kabel RCA merupakan kabel audio. Lebih tepatnya pada kabel warna merah dan warna putih. Sedangkan warna kuning untuk video, jadi silakan kalian periksa.

Periksa Jack Audio TV


Apabila TV kalian menggunakan speaker eksternal silakan cek kabel yang terhubung antara TV dengan speaker. Pastikan terpasang dengan baik dan tidak kendor, apabila memang kendor atau salah pasang suara tidak akan keluar.

Atur Setelan Audio


Terakhir kalian bisa atur setelan audio baik di TV atau pada receiver dan STB. Silakan kalian atur sedemikian rupa. Ini dilakukan agar audio dari TV dapat keluar. Apabila masih tidak ada suaranya bisa disebabkan oleh yang lebih parah.

TV Sudah Rusak


Rusak disini pada bagian audio dan speaker, jadi untuk lebih tau pasti bisa kalian bawa ke teknisi TV. Karena TV mudah rusak jika salah penanganannya silakan bawa ke teknisi TV yang tepercaya agar tidak tambah rusak.

Dari beberapa kasus faktor penyebabnya berbeda-beda dan cara menanganinya juga berbeda. Biasanya karena volume kurang tinggi dan dari channel itu sendiri memang tidak ada suaranya, jadi kalian tidak usah panik.

Apakah TV bisa rusak pada bagian speaker? tentu saja bisa. Oleh karena itu saya pernah membahas mengenai peralatan elektronik apa saja yang bisa menyebabkan TV rusak. Apabila kalian belum tau apa saja kalian bisa baca artikel tersebut.

Komponen elektronik yang ada di dalam TV sangatlah sensitif, jadi perlu dihindari dari perangkat elektronik yang memiliki medan magnet. Karena medan magnet dapat mengganggu komponen yang ada di dalam TV.


EmoticonEmoticon