5 Cara Mengatasi WinRAR Tidak Bisa Ekstrak File ZIP dan RAR

5 Cara Mengatasi WinRAR Tidak Bisa Ekstrak File ZIP dan RAR

KEPOINDONESIA.id - WinRAR merupakan aplikasi Windows yang digunakan untuk mengekstrak dan mengompres sebuah file. Apabila kalian ingin ekstrak file .RAR dan .ZIP pasti yang kalian gunakan WinRAR ini. Dan jika ingin mengompresnya juga seperti itu.

Aplikasi ini bekerja secara maksimal dan dapat di install dan digunakan dengan mudah, tidak heran WinRAR menjadi salah satu aplikasi yang pasti ada di setiap komputer Windows. Tetapi apakah kalian pernah mengalami tidak bisa ekstrak menggunakan WinRAR?.

Saya yakin kalian pernah mengalaminya, baik sesekali atau sering. Saya sendiri pernah beberapa kali. Dan saya juga bingung kenapa tidak bisa di ekstrak, baik file .ZIP ataupun .RAR. Oleh karena itu jika kalian mengalami hal yang sama kali ini saya akan membahasnya.

Mengenai cara mengatasi WinRAR tidak bisa untuk ekstrak file. Untuk kompres file saya kira tidak masalah karena prosesnya mudah. Kalian bisa pilih ingin di kompres menjadi file .RAR ataupun .ZIP, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa OBB dari game Bus Simulator Indonesia tidak terdeteksi serta cara mengatasi file .RAR dan .ZIP yang tidak bisa di ekstrak.

Coba Ekstrak Ulang Dari Awal


Pertama kalian bisa coba ekstrak ulang dari awal apabila proses ekstrak gagal dan tidak berhasil. Karena memang biasanya ini terjadi karena ada masalah saat proses ekstrak file baik .ZIP atau .RAR, jadi silakan kalian ekstrak dari awal dengan menutup WinRAR dan mulai ekstrak dengan klik kanan.

Pastikan Password File Benar


Apabila kalian ingin ekstrak file .ZIP atau .RAR yang terkunci dengan password atau kata sandi pastikan kalian sudah input kata sandi yang benar. Kata sandi atau password harus sama 100%, apabila ada salah 1 karakter saja file tidak akan bisa di ekstrak sama sekali.

Download Ulang File Yang Ada


Masih tidak berhasil di ekstrak? bisa saja file .RAR atau .ZIP yang sudah kalian download sudah rusak atau corrupt. File .ZIP dan .RAR apabila sudah rusak tidak akan bisa di ekstrak sama sekali karena data yang ada didalamnya tidak terbaca oleh sistem. Jadi silakan kalian download ulang sampai terunduh 100%.

Download Ulang di Sumber Lain


Apabila sudah download ulang file tadi tetapi tetap tidak berhasil dan gagal di ekstrak dengan WinRAR kalian bisa coba download ulang di sumber lain. Karena bisa saja file dari sumber sebelumnya memang sudah rusak dari awal.

Restart PC atau Laptop


Terakhir kalian bisa restart laptop atau PC yang kalian miliki. Bisa saja error dan menyebabkan WinRAR tidak bisa ekstrak file yang ada. Silakan coba restart saja karena tidak memakan waktu yang lama dan coba untuk ekstrak ulang file tadi.

Apabila masih tidak berhasil kalian bisa ekstrak aplikasi lain, atau bisa kalian kirim ke HP dan ekstrak lewat HP saja. Siapa tau ada beberapa alasan kenapa file tersebut tidak bisa di ekstrak dengan WinRAR. Alasan paling masuk akan yaitu karena keamanan di Windows.

Silakan transfer dan ekstrak di HP Android dan jangan di iPhone yang menggunakan iOS, karena hanya akan merepotkan kalian. Tidak tau apa yang dimaksud dengan file .nomedia? apabila kalian belum tau kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut.

Saya sudah pernah membahas mengenai apa itu file .nomedia, jadi jika kalian belum tau silakan dibaca agar tau. Apabila kalian sering mengakses file manager seharusnya tidak asing dengan file .nomedia ini.


EmoticonEmoticon