Biaya Servis Starter Motor Mulai Dari Cetek-Cetek Hingga Tidak Bisa Sama Sekali

Biaya Servis Starter Motor Mulai Dari Cetek-Cetek Hingga Tidak Bisa Sama Sekali

KEPOINDONESIA.id - Kerusakan pada starter motor atau elektrik starter bisa disebabkan oleh beberapa penyebab dengan berbagai jenis kerusakan juga. Mulai dari yang ringan dalam artian starter masih bisa digunakan hingga yang berat atau starter tidak dapat digunakan.

Untuk motor yang masih ada kick starter mungkin tidak masalah. Tetapi yang sudah tidak tersedia seperti di motor matik dan sport ini akan menjadi masalah tersendiri. Oleh karena itu aki motor harus dalam keadaan sehat terus agar masalah motor tidak bisa di starter tidak kalian alami.

Sesuai judul, saya akan membahas mengenai estimasi biaya atau ongkos perbaikan starter pada sepeda motor. Mulai dari perbaikan ringan hingga yang berat. Kalian harus tau estimasi ini agar kalian tidak kaget apabila nanti biasanya sedikit membengkak. 

Ingat yang ada hubungannya dengan kelistrikan harus kalian jaga, agar motor kalian awet. Karena untuk kelistrikan perbaikannya lebih sulit daripada mesin. Untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak artikel ini sampai selesai.

Akan bahas estimasi perbaikan pada starter sepeda motor yang bermasalah. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa kick starter ngelos ketika diengkol serta cara memperbaiki tang yang seret dan macet agar normal kembali.

Starter Sulit Hidup Tanpa Ada Suara Aneh


Untuk kendala yang satu ini termasuk ringan dan sering terjadi pada sepeda motor yang jarang digunakan. Apabila motor kalian sulit di starter tanpa ada suara aneh seperti cetak cetek maka masalah ada di aki.

Tidak selalu aki sudah soak biasanya karena memang sepeda motor lama tidak dihidupkan. Jadi mesin sulit hidup, oleh karena itu sangat disarankan jika lebih dari 1 minggu tidak dihidupkan untuk start awal lebih baik menggunakan kick starter.

Berapa biaya estimasi perbaikannya jika dibawa ke bengkel? sebenarnya ini masalah ringan yang tidak perlu dibawa ke bengkel. Cukup nyalakan dan gunakan motor keliling hingga menempuh jarak beberapa kilo agar aki motor terisi kembali.

Starter Tidak Bisa Sama Sekali Dan Terasa Tidak Berputar


Untuk kendala ini biasanya disebabkan oleh sikat atau arang dinamo yang biasanya putus. Apabila habis dinamo starter masih bisa berputar. Tetapi jika putus tidak akan bisa berputar sama sekali alias benar-benar mati.

Kasus ini sangat jarang terjadi kecuali sikat atau arang dinamo yang sudah habis dan aus. Walaupun begitu tetap saja bisa kalian alami. Berapa estimasi perbaikan sikat dinamo starter sepeda motor?.

Untuk estimasi biayanya biasanya harga dari arang dinamo ditambah dengan biaya bongkar dan pasang. Untuk harga arangnya murah tidak sampai 10rb, jadi mungkin kalian perlu membayar lebih untuk ongkos bongkar dan pasangnya.

Starter Masih Bisa dan Normal Tetapi Kasar


Untuk hal ini disebabkan oleh magnet dinamo yang lepas. Bisa Lepas disini sudah tidak menempel jadi jika di starter magnet tadi ikut gerak. Karena ikut gerak muncul lah suara yang mengganggu dan terkadang menjadi sulit di starter

Apabila baru pertama kali biasanya magnet dinamo yang lepas hanya perlu di lem ulang dengan lem khusus. Ongkos semuanya sekitar 75 ribu hingga 100rb karena ini masuk kelistrikan walaupun terlihat sederhana.

Tetapi jika sudah sering lepas alangkah baiknya kalian ganti dinamo starternya dengan yang baru dan original. Harganya jelas mahal mulai dari 200 ribuan tergantung merek dan tipe sepeda motor. Tetapi setelah ganti semuanya aman dan motor kalian seperti baru lagi.

Selain apa yang sudah saya sebutkan sebenarnya masih ada perbaikan lainnya. Tetapi perbaikan tersebut jarang terjadi karena jarang yang mengalaminya. Kecuali jika menggunakan sepeda motor ugal-ugalan dan sering melakukan modifikasi.

Apabila untuk harian semuanya awet saja apalagi jika tidak ada modifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan. Tidak tau arti perseneling R di mobil? kalian bisa baca artikel mengenai R yang ada di perseneling mobil. 

Walaupun huruf R terkenal dengan istilah racing tetapi R disini bukan racing. Jadi jangan kalian pindah perseneling mobil ke R ketika mobil sedang melaju jika kalian tidak ingin ganti gearbox pada mobil yang kalian miliki tadi.


EmoticonEmoticon