4 Cara Pandai Pelajaran TIK Agar Selalu Mendapat Nilai Yang Bagus

4 Cara Pandai Pelajaran TIK Agar Selalu Mendapat Nilai Yang Bagus

KEPOINDONESIA.id - Mata pelajaran TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi salah satu mapel yang saya sukai dulu saat masih sekolah di bangku SMK. Jujur saja mata pelajaran ini sebenarnya seru dan mudah, tetapi jika tidak membaca kalian tidak akan tau.

Karena semuanya baru dan tidak kalian ketahui. Tidak seperti mapel Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA yang sudah kita pelajari sejak di bangku SD. TIK baru dipelajari saat kita SMP dan di SMK hanya melanjutkan apa yang sudah kita pelajari dulu.

TIK menarik karena ada hubungannya dengan teknologi. Saya kira kalian yang suka dengan teknologi baik internet, smartphone, ataupun komputer suka dengan pelajaran ini. Yang menjadi pertanyaan ialah bagaimana cara pandai dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ini?.

Sebenarnya mudah saja caranya, yaitu kalian harus rajin membaca. Tetapi ada hal lain yang bisa membantu kalian selain membaca. Untuk tau apa saja yang bisa kalian lakukan agar pandai dalam mata pelajaran TIK kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mencari dan mendaftar tempat untuk PKL secara benar serta apa itu yang disebut rapat pleno dan kenapa di sekolahan rapat ini sering diadakan.

Harus Rajin Banyak Membaca


Yang pertama kalian harus rajin membaca buku TIK yang kalian miliki baik LKS atau buku paket. Ini penting sekali karena apa yang ada di soal ulangan dan ujian hampir semuanya berasal dari pembahasan yang ada di buku paket dan buku LKS.

Hanya saja biasanya soalnya sedikit dibuat sulit agar membingungkan siswa dalam menjawab pertanyaan. Tanpa membaca buku LKS dan buku paket saya kira kalian akan sulit paham dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang sering disebut TIK.

Bisa Praktek Langsung


Berikutnya agar lebih paham selain membaca buku kalian bisa praktek langsung. Ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki laptop atau komputer sendiri di rumah. Karena bisa langsung praktek sesuai yang ada di buku yang sudah dibaca.

Selain praktek langsung sesuai yang ada di buku kalian juga bisa praktek langsung apa yang menurut kalian keren dan perlu dipelajari. Hanya sedikit siswa yang paham dengan hal ini, jadi jika kalian memiliki komputer atau laptop di rumah silakan kalian pelajari dengan mendalam.

Cari Tahu di YouTube


Berikutnya jika kalian tidak tau apa yang perlu kalian lakukan seperti cara install ulang Windows, kalian bisa cari tau caranya di YouTube. Ada beberapa tindakan yang memang tidak boleh asal-asalan dan diwajibkan kalian tau betul.

Karena jika asal kalian hanya akan mendapatkan kerugian karena perangkat yang kalian miliki rusak. Saya kira kalian tau sendiri apa yang tidak boleh asal-asalan dan apa saja yang bisa kalian coba tanpa cari tau terlebih dahulu.

Jangan Malas Untuk Belajar


Dan yang terakhir kuncinya yaitu jangan malas untuk belajar. Semua pelajaran jika kalian pelajari dengan sepenuh hati pasti dapat kalian pahami, walaupun tidak semua dan menyeluruh. Sayangnya banyak yang malas padahal belajar itu penting.

Membaca itu penting dan paham itu penting. Percuma jika kalian sering membaca tetapi tidak paham apa yang dibaca. Oleh karena itu membaca bukan hanya sekedar membaca tulisan akan tetapi juga memahami apa yang dibaca.

Untuk mendapatkan nilai bagus di mapel TIK memang sulit jika tidak membaca, walaupun kalian pandai di mata pelajaran yang sulit seperti Matematika, Fisika, dan Kimia. Karena memang semua memiliki tingkat kesulitannya sendiri.

TIK memang bukan mata pelajaran utama, akan tetapi manfaatnya bisa dikatakan berguna langsung dibandingkan mata pelajaran lainnya. Itu dia pembahasan mengenai pelajaran TIK. Tidak tau kenapa guru kalian melarang untuk menendang bola voli seperti bola sepak?.

Apabila kalian belum tau alasan kenapa bola voli tidak boleh ditendang kalian bisa baca apa yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut. Semoga apa yang saya bahas membantu dan bermanfaat bagi kalian yang memang sedang mencari pencerahan.


EmoticonEmoticon