Berapa Lama Waktu Mengecas HP Xiaomi Redmi 12? Apakah 1 Jam Penuh?

Berapa Lama Waktu Mengecas HP Xiaomi Redmi 12? Apakah 1 Jam Penuh?

KEPOINDONESIA.id - Xiaomi Redmi 12 salah satu HP dari Xiaomi yang banyak diminati di harga dibawah 3 jutaan. Karena memang dari segi spesifikasi HP ini sangat menarik. Selain spesifikasinya yang menarik desain dari HP ini juga keren jadi sangat cocok untuk anak muda.

Redmi 12 salah satu tipe dari Xiaomi 12 series, jadi ada beberapa Xiaomi Redmi 12 lainnya seperti Xiaomi Redmi Note 12 dan Xiaomi Redmi 12C. Tetapi memang yang banyak menarik pengguna yaitu Redmi 12 ini.

Sesuai pada judul artikel yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai pembahasan berapa lama ngecas atau charging HP Redmi 12. Karena banyak yang belum tau dan sering bertanya antar pengguna Redmi 12.

Karena ada yang cepat dan ada yang lebih lama. Yang jelas prosesnya tidak selalu sama dan pasti akan ada perbedaan. Karena memang seperti dan ini disebabkan oleh banyak faktor. Tetapi untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas cara mengatasi hal tersebut.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti biaya jasa ganti baterai di konter pinggir jalan serta apa fungsi dari Xiaomi Service Framework dan ini penting atau tidak.

Kapasitas Baterai Xiaomi Redmi 12 Berapa?


Kita mulai dari kapasitas baterai Redmi 12 terlebih dahulu. Ingat bahwa yang saya bahas kali ini khusus Redmi 12 dan bukan Redmi Note 12, Redmi 12C, Redmi 12 Pro, atau yang lainnya. Alias Xiaomi Redmi 12 yang biasa.

Dirilis pada bulan Juni tahun 2023, Redmi 12 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah sangat umum digunakan di baterai smartphone khususnya Android. 5.000 mAh bisa dikatakan standar karena banyak digunakan.

Jika kurang dari 5.000 mAh seperti 4.500 mAh ini termasuk kecil dan jika lebih dari 5.000 mAh seperti 6.000 mAh ini termasuk besar. Bahkan dari Samsung ada yang 7.000 mAh dan benar-benar awet sekali.

Mendukung Fast Charging Berapa Watt Redmi 12?


Redmi 12 mendukung power delivery 18 watt yang bisa dikatakan sudah cepat dan tidak terlalu cepat. Karena jika terlalu cepat HP akan mudah panas saat dicas dan ini bisa mempengaruhi baterai HP itu sendiri.

Merasa masih panas dengan adapter PD 18 watt? kalian bisa beli adapter dari aftermarket dengan watt yang lebih kecil seperti 10W. Apa aman dengan adapter dengan W yang lebih kecil? tentu saja lebih aman dan lebih saya sarankan.

Berapa Lama Waktu Ngecas Xiaomi Redmi 12?


Apabila menggunakan charger power delivery atau PD 18 W prosesnya 1 jam lebih sedikit dan tidak sampai 1 jam 30 menit. Bisa lebih lama sedikit dan bisa lebih cepat sedikit tergantung dari banyak faktor. Yang jelas rata-rata tidak sampai 1 jam setengah.

Tetapi jika kalian menggunakan adaptor dibawah 18 W yang sudah fast charging seperti 10 W prosesnya bisa sampai 2 jam. Bisa lebih sedikit paling 15 menit, akan tetapi HP kalian lebih dingin tidak panas seperti saat menggunakan adapter 18 W.

Lebih baik yang mana? karena HP untuk jaga panjang maka komponen HP harus dijaga salah satunya baterai. Jadi jika kalian merasa terlalu panas dan ingin merawat baterai kalian jangan gunakan adapter 18 W tetapi beli lagi yang 10 W.

Ini jauh lebih aman dan proses pengecasannya masih terbilang cukup cepat. Dan sebelum saya akhiri apa boleh ngecas hanya sampai 60% atau 70%? pembahasan tersebut sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Jadi jika kamu penasaran dan ingin tau kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut. Silakan kamu baca agar kamu tau. Karena memang ngecas diberapapun aman saja asal tidak asal-asalan.


EmoticonEmoticon