5 Cara Melanjutkan Proses Download di Opera Browser dan Opera Mini

5 Cara Melanjutkan Proses Download di Opera Browser dan Opera Mini

KEPOINDONESIA.id - Opera Browser dan Opera Mini merupakan browser andalan yang dulu sering saya gunakan. Awal-awal HP Android ada dan Google Chrome belum populer browser ini menjadi andalan saya karena ringan dan tampilannya sederhana.

Sebenarnya Opera Mini juga tersedia di sistem operasi Java dan Symbian, hanya saja sekarang kedua sistem operasi tersebut tidak tidak dikembangkan lagi. Jadi untuk Opera Mini pengembangannya juga sudah berhenti.

Sedangkan Opera Browser masih dikembangkan sampai sekarang. Jika kalian ingin install Opera Mini tetap bisa dengan mencari file .APK nya di internet. Hanya saja fiturnya sangat terbatas dan kemungkinan tidak berjalan dengan lancar.

Seperti pada judul artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara melanjutkan proses download yang terhenti di Opera Mini dan Opera Browser. Karena kendala ini sering terjadi dan banyak yang mengeluhkan proses download tidak dapat dilanjutkan.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasi tidak bisa memutar video di Opera Browser dan Opera Mini serta kenapa lini video tidak bisa dibuka lewat browser padahal sudah di tempel ke bilah alamat.

Tekan Lanjutkan atau Resume


Yang pertama kalian bisa tekan tombol lanjutkan atau resume terlebih dahulu. Tombol ini biasanya akan ada dan tersedia pada proses download yang memang masih bisa dilanjutkan. Karena jika tidak bisa dilanjutkan tombolnya berbeda.

Bukan resume atau lanjutkan tetapi biasanya mulai lagi. Jadi silakan kalian coba tekan tombol tersebut dan pastikan koneksi internet sedang bagus. Apabila sedang gangguan jangan dulu kalian tekan karena hasilnya akan sama saja.

Pastikan Koneksi Internet Normal


Tidak harus kencang akan tetapi harus normal. Normal disini dalam artian bisa kalian gunakan untuk internetan ringan seperti browsing atau membalas chat. Apabila tidak bisa karena sinyal hilang, gangguan, atau habis kuota maka proses download tidak akan dapat dilanjutkan.

Silakan kalian coba gunakan untuk browsing atau mengakses situs tertentu. Apabila bisa maka koneksi internet tidak ada kendala. Kalian bisa coba tekan tombol lanjutkan dan tunggu beberapa detik. Selain itu jangan keluar dari menu download apalagi keluar dari Opera Browser atau Opera Mini.

Matikan Data Seluler


Masih belum bisa dilanjutkan proses downloadnya? kalian bisa coba matikan data seluler yang kalian gunakan apabila koneksi internet berasal dari data seluler. Silakan kalian matikan dan tunggu beberapa detik sebelum dihidupkan kembali.

Selang beberapa detik silakan kalian hidupkan kembali dan tekan ulang tombol lanjutkan proses download atau resume proses download. Cara ini biasanya akan berhasil, tetapi jika belum berhasil kalian bisa coba cara berikutnya.

Aktifkan Mode Penerbangan


Selain mematikan data seluler kalian juga bisa mengaktifkan mode penerbangan atau mode pesawat untuk mengatasi kendala ini. Jadi silakan kalian aktifkan mode penerbangan dan tunggu beberapa detik, lebih lama lebih baik sebelum kalian nonaktifkan kembali.

Setelah itu silakan kalian nonaktifkan dan tunggu sampai sinyal seluler muncul. Selanjutnya kalian aktifkan data seluler dan coba lanjutkan proses download. Semoga dengan cara ini bisa karena alamat IP perangkat akan ganti apabila IP sebelumnya sudah diblokir.

Ganti Menggunakan Koneksi Wifi


Dan yang terakhir kalian bisa ganti dengan koneksi wifi apabila sebelumnya kalian menggunakan data seluler. Atau jika sebelumnya menggunakan koneksi wifi kalian bisa ganti dengan koneksi data seluler.

Cara ini bertujuan agar alamat IP perangkat, hanya saja sumber internet juga berubah. Jadi jika dengan mode pesawat belum berhasil kalian bisa coba cara ini untuk mengatasi kendala tersebut. Silakan ganti sumber koneksi internet yang kalian gunakan.

Silakan kalian ikuti instruksi diatas untuk mengatasi kendala proses download yang terhenti di Opera Browser ataupun di Opera Mini. Saran saja, karena browser tersebut kurang powerful lebih baik jika ingin download file dari internet kalian bisa gunakan browser lain.

Seperti Google Chrome yang menjadi browser bawaan Android. Atau jika di Android bisa gunakan aplikasi ADM atau 1DM yang merupakan aplikasi download mirip IDM yang ada di Windows. Mengalami Mozilla Firefox sering membuka tab sendiri saat browser tersebut dibuka?.

Apabila kalian mengalami hal serupa kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut. Tab yang terbuka sendiri harus kalian cari tau apa penyebabnya karena wajarnya tab tidak akan terbuka begitu saja.


EmoticonEmoticon