Review Lengkap Oli Mesin Shell AX5 di Motor Manual dan Matik

Review Lengkap Oli Mesin Shell AX5 di Motor Manual dan Matik

KEPOINDONESIA.id - Oli Shell Advance AX-5 atau yang sering disebut Shell AX5 salah satu oli dari Shell yang cukup banyak digunakan oleh pemilik sepeda motor. Karena memang oli ini salah satu oli murah dari Shell dengan kualitas yang setara dengan oli Shell yang lainnya.

Selain Shell AX7 sebenarnya ada yang lain direntang harga yang sama yaitu Shell Advance AX-7, akan tetapi fokus saya kali ini ke Shell AX5 terlebih dahulu. Karena memang ternyata oli ini sangat bagus dan sangat sara rekomendasikan.

Oli Shell dengan botol kuning ini bisa kalian beli dengan harga dibawah 50 ribuan, atau lebih tepatnya sekitar 40 ribuan saja. Lebih murah dibandingkan dengan Shell AX7 yang kini harganya sudah lebih darui 50 ribu bahkan di beberapa lokasi sudah menyentuh harga 60 ribu.

Apa kelebihan menggunakan oli Shell AX5 ini? apakah memang bagus dan worth it digunakan untuk harian? untuk tau jawabannya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai karena saya akan mereview secara lengkap oli Shell AX-5 dengan botol kuning.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasi overheat pada Honda Vario 110 serta perbedaan antara oli dari Honda yaitu MPX dan SPX. Kira-kira apa perbedaan kedua oli tadi? kalian bisa baca artikel tersebut agar tau jawabannya.

Harga Dari Oli Shell AX5


Untuk harganya terbilang cukup murah dan sama seperti oli resmi pada umumnya. Jadi sara kira harga oli Shell AX5 tidak akan terlalu memberati kalian. Hanya saja tidak banyak yang menjual oli ini jadi kalian bisa cari bengkel yang memang menjual. Ingat bahwa oli ini banyak yang palsu jadi kalian wajib beli di bengkel yang terpercaya.

Suara Mesin Dengan Oli Shell AX5


Suara mesin terbilang cukup halus atau bahkan bisa dikatakan halus dibandingkan oli yang biasa. Tetapi jika suara mesin motor kalian memang sudah kasar dengan oli ini tidak akan menghilangkan suara kasar yang ada karena itu kasar disebabkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam mesin.

Impresi Berkendara Dengan Oli Shell AX5


Impresi berkendara dengan oli ini saya kira cukup nyaman, karena oli ini termasuk kental yaitu 15W-40 jadi getaran dari mesin bisa dikatakan berkurang drastis . Jadi ketika di RPM tinggi getaran di stang sangat berkurang. Karena termasuk kental maka mesin tidak bisa terlalu agresif tetapi ini tidak terlalu berpengaruh.

Daya Tahan Oli Shell AX5


Untuk daya tahan karena oli ini kental maka bisa dikatakan aman dan bisa kalian gunakan hingga 2000 KM atau lebih termasuk di motor Yamaha yang terkenal vampir oli. Ini khusus untuk mesin normal, jika mesin sudah tidak normal kemungkinan lebih pendek lagi seperti jika sudah mengeluarkan asap.

Konsumsi Bahan Bakar Dengan Oli Shell AX5


Mesin jadi lebih dingin tidak mudah panas, getaran berkurang, dan mesin lebih stabil hanya saja konsumsi bahan bakarnya menurut saya menjadi lebih boros sekitar 5% hingga 10%. Entah ini perasaan saya atau bagaimana tetapi rata-rata pengguna oli Shell AX5 mengatakan bahwa konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Terserah kalian ingin menggunakan oli ini atau tidak. Apakah semua kelebihan dari Shell AX5 akan kalah dengan satu kekurangan yaitu jadi lebih boros bahan bakar. Untuk saya sendiri tidak terlalu bermasalah karena memang oli ini membuat mesin motor saya jadi lebih maksimal lagi.

Untuk tau lebih jelasnya kalian bisa coba 1 kali pergantian saja. Apabila cocok bisa kalian gunakan seterusnya jika tidak kalian bisa coba gunakan oli dari merek lain. Selain oli jika kalian mengalami shock depan sepeda motor yang jedug kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.

Jedug disini selain tidak nyaman juga membuat kalian tidak aman saat mengendarai sepeda motor. Oleh karena itu jika bisa jangan sampai jedug dan jika sudah jedug alangkah baiknya kalian servis suspensi depan agar lebih empuk dan tidak jedug lagi.


EmoticonEmoticon