5 Cara Mengatasi Yamaha Freego Sulit di Starter Padahal Aki Terlihat Normal

5 Cara Mengatasi Yamaha Freego Sulit di Starter Padahal Aki Terlihat Normal

KEPOINDONESIA.id - Yamaha Freego kini mulai banyak dibeli karena memang bagasi yang besar menarik perhatian orang yang suka dengan sepeda motor dengan bagasi besar. Di rentang harga yang sama tidak ada motor dengan bagasi yang sebesar Freego, tidak heran Freego memiliki pasarnya tersendiri.

Dengan kapasitas mesin yang lebih kecil dan harga yang lebih murah bagasi Yamaha Freego sama besarnya dengan bagasi Yamaha Nmax dan Aerox serta sama seperti bagasi Honda PCX. Sangat menarik bukan? tentu saja sangat menarik.

Tetapi yang akan saya bahas kali ini bukanlah mengenai bagasi yang ada di Freego, melainkan kendala Yamaha Freego yang tidak bisa di starter atau starter di Yamaha Freego sulit digunakan. Banyak yang mengeluhkan hal ini jadi saya akan membahasnya.

Bagi kalian yang baru memiliki Freego dan mengalami kendala yang sama kalian baca saja artikel ini sampai selesai, akan saya bahas supaya kalian tau. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang sudah pernah saya bahas. 

Seperti berapa biaya servis starter elektrik sepeda motor mulai dari yang paling murah serta cara mengatasi motor yang brebet sepeda kehabisan bensin. Silakan kalian baca kedua artikel tersebut sebelum lanjut ke topik utamanya.

Wajib Menaikkan Standar Samping


Sebelum mengatakan bahwa starter Yamaha Freego kalian bermasalah kalian wajib menaikkan standar samping terlebih dahulu sebelum melakukan starter. Tidak hanya di Freego dan di Yamaha saja, matik sekarang apabila standar samping belum dinaikkan mesin tidak akan hidup.

Dan sebaliknya dalam keadaan menyala jika standar samping diturunkan mesin akan mati dan jika dalam keadaan jalan biasanya mesin akan kehilangan tenaga. Jadi silakan kalian naikkan dulu standar samping pada Yamaha Freego yang kalian miliki.

Cek Tegangan Aki Apakah Masih Normal atau Tidak


Apabila standar samping sudah kalian naikkan tetapi starter Freego masih sulit untuk menghidupkan mesin kalian bisa cek tegangan aki pada Yamaha Freego yang kalian miliki. Tidak perlu repot, karena speedometer di Freego sudah bisa digunakan untuk mengecek tegangan aki.

Apabila tegangan aki tidak normal alias kurang, apabila Freego kalian yang keluaran pertama kalian bisa gunakan kick starter. Tetapi jika Freego kalian gen 2 karena tidak ada kick starter tidak ada pilihan lain selain ganti aki terlebih dahulu.

Tombol Starter Elektrik Bermasalah


Ini salah satu penyakit Yamaha Freego dan banyak dialami oleh pengguna Freego. Kualitas dari tombol starter Freego memang kurang bagus dan kurang solid, jadi cepat kotor dan berkarat yang menyebabkan tidak berfungsi dengan baik.

Untuk menanganinya cara pertama bisa kalian semprot dengan WD. Tunggu beberapa saat dan coba lagi. Apabila belum berhasil tidak ada pilihan lain selain di bongkar. Silakan kalian ganti dengan merek lain karena jika ganti yang original sama saja tidak awet.

Cek Switch Standar Samping Siapa Tau Error


Selain tombol starter penyakit Yamaha Freego yang berikutnya yaitu switch standar samping. Jadi switch ini yang bekerja untuk memberi tahu ECU bahwa standar samping dinaikkan atau diturunkan. Hanya saja terkadang error dan tidak berfungsi dengan benar.

Dalam kata lain standar samping sudah dinaikkan tetapi terdeteksi masih turun atau tiba-tiba terdeteksi turun saat motor sedang berjalan. Untuk kendala ini langkah awal bisa kalian cek terlebih dahulu. Agar tidak terjadi lagi banyak pengguna Freego lebih baik mematikan switch ini daripada memperbaikinya.

Cek Sekring Siapa Tau Sudah Putus


Dan yang terakhir untuk memastikan kalian bisa cek sekring siapa tau ada yang putus. Dimana letak sekring dari Yamaha Freego? letaknya sepeda biasa ada dibawah jok jadi kalian bisa bongkar saja, prosesnya mudah jadi tidak usah khawatir.

Silakan kalian cek dan jika putus silakan diganti karena biasanya jika belum pernah digunakan akan ada sekring pengganti. Silakan kalian ganti dan cek kembali starter pada Freego yang kalian miliki apakah sudah normal atau belum.

Dari banyak kasus starter Yamaha Freego yang bermasalah biasanya karena tombol starter elektrik dan karena switch standar samping yang sudah error. Solusinya agar tidak muncul masalah yang sama di kemudian hari kalian bisa ganti tombol starter dengan merek lain seperti milik Honda.

Dan untuk switch standar samping walaupun diperbaiki dan diganti biasanya akan error lagi karena letaknya ada dibawah, jadi bisa kalian nonaktifkan dan matikan saja. Walaupun ini salah satu sistem keamanan. Tidak tau letak nomor rangka pada Yamaha Freego yang kalian miliki?.

Kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai nomor rangka. Apabila kalian penasaran dan ingin tau kalian bisa baca apa yang sudah saya bahas sebelumnya. Masing-masing letaknya berbeda walaupun dari merek yang sama.


EmoticonEmoticon