5 Alasan Memilih dan Masuk ke Jurusan TSM Daripada ke Jurusan Lain

5 Alasan Memilih dan Masuk ke Jurusan TSM Daripada ke Jurusan Lain

KEPOINDONESIA.id - Teknik Sepeda Motor salah satu jurusan otomatis yang umum ada di beberapa SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan. Karena selain TSM atau Teknik Sepeda Motor ini juga ada yang disebut dengan Teknik Kendaraan Ringan atau TKR.

Walaupun disebut Teknik Kendaraan Ringan sebenarnya TKR diatas TSM, dalam artian TKR sebenarnya lebih bagus dibandingkan TSM. Alansannya sederhana saja, TSM hanya mempelajari dan praktek mengenai sepeda motor saja.

Misalnya dikatakan sudah tau tetapi itu-itu saja yang akan dipelajari. Sedangkan TKR tidak, walaupun disebut kendaraan ringan TKR pembahasan utamanya pada kendaraan roda 4 seperti mobil dan truk, dan untuk pembahasan roda 2 seperti sepeda motor sebagai selingan.

Mengecualikan hal tersebut, jika kalian sudah memilih TSM tidak ada yang bisa kalian lakukan karena sudah terlanjur. Tetapi kalian harus tau beberapa alasan yang bisa kalian jadikan motivasi akan tetap semangat di jurusan TSM.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah saya bahas. Seperti kisi-kisi psikotes di PT. NOK Indonesia serta cara menjawab semua soal yang ada di buku LKS dengan mudah dan benar.

Karena Suka Dengan Sepeda Motor


Alasan pertama yang bisa kalian gunakan sebagai alasan kenapa memilih jurusan TSM yaitu karena kalian suka dengan sepeda motor. Jika di TKR pembahasan sepeda motor sangat sedikit, sedangkan di TSM seluruhnya mengenai sepeda motor jadi sangat cocok bagi kalian yang suka dengan sepeda motor.

Ingin Bekerja Sebagai Mekanik Motor


Apa kelebihan menjadi mekanik sepeda motor? kelebihan yang sudah pasti dibandingkan mekanik mobil yaitu jika membuka bengkel modalnya tidak terlalu besar. Karena bengkel motor cukup dengan modal yang tidak banyak dan tempat yang tidak terlalu besar tidak seperti bengkel mobil.

Ingin Bekerja di Suatu Pabrik Otomotif


Ada beberapa pabrik atau PT. otomotif yang bunafit yang lebih suka dengan lulusan TSM, lulusan TKR, ataupun keduanya. Jadi jika pabrik tujuan kalian ternyata lebih memprioritaskan lulusan TSM dibandingkan TKR itu sudah menjadi alasan kenapa kalian memilih TSM dibandingkan jurusan TKR.

Karena Sudah Paham Sepeda Motor


Jika sudah paham kenapa tidak masuk TKR saja agar ilmunya lebih? tentu saja nanti pasti ada yang bertanya seperti itu. Sah-sah saja jika sudah paham tetapi masih ingin belajar, karena memang ilmu tidak ada batasannya jadi bisa untuk memperdalam lagi.

Passion Ada di Sepeda Motor Bukan Yang Lain


Dan yang terakhir kalian bisa jawab bahwa passion kalian ada di sepeda motor bukan di jurusan lain seperti Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer & Jaringan, atau lain sebagainya. Jadi memang ingin terus mendalami ilmu sepeda motor sebanyak mungkin.

Itu dia beberapa alasan yang bisa kalian gunakan jika ditanya kenapa lebih memilih TSM. Selain sebagai alasan apa yang sudah saya sebutkan diatas juga bisa kalian gunakan sebagai motivasi agar terus belajar dengan giat.

Karena mungkin saja pendidikan SMK adalah sekolah terakhir kalian karena tidak akan kuliah dan langsung bekerja. Oleh karena itu manfaatkan waktu sebaik mungkin dan jangan berangkat hanya karena ingin terlihat sekolah. Tau yang disebut dengan jangka sorong?.

Jika tau apakah kalian tau kegunaan dan komponen apa saja yang ada di jangka sorong? pasti kalian belum tau. Nah jika ingin tau lebih banyak mengenai hal tersebut kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas mengenai jangka sorong tersebut.


EmoticonEmoticon