Apa Boleh Memperpanjang SIM Sebelum Waktunya?

Apa Boleh Memperpanjang SIM Sebelum Waktunya?

KEPOINDONESIA.id - Memperpanjang SIM yang sudah mau habis masa berlakunya tidak boleh kalian abaikan begitu saja. Lewat 1 hari saja kalian tidak akan dapat memperpanjang SIM yang kalian miliki dan yang bisa kalian lakukan yaitu membuat baru.

Selain prosesnya akan ribet lagi seperti saat awal kalian membuat SIM, biaya yang diperlukan juga lebih banyak. Jadi tidak seperti bayar pajak kendaraan, untuk SIM jika sudah waktu diperpanjang harus segera kalian perpanjang.

Nah yang menjadi pertanyaan banyak orang yaitu apa boleh memperpanjang SIM sebelum waktunya? umumnya orang-orang akan memperpanjang ketika sudah masuk 2 minggu atau 1 minggu sebelum masa berlaku SIM habis.

Bagaimana jika sebelum itu, yaitu saat masa berlaku SIM 1 bulan lagi atau 2 bulan lagi. Ini biasanya dilakukan bagi orang yang ingin bepergian jauh. Jadi ada kemungkinan saat masa berlaku SIM habis tidak akan bisa memperpanjang.

Jadi memilih opsi untuk memperpanjang sekarang, lalu apa boleh? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang akan saya bahas. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara cek pajak kendaraan dengan aplikasi SAKPOLE serta apa yang dimaksud dengan masa grace period di nomor Telkomsel.

Kapan Harus Memperpanjang SIM Yang Kita Miliki?


Memperpanjang SIM atau Surat Izin Mengemudi yaitu ketika masa berlaku SIM sudah mau habis. Surat Izin Mengemudi ini sangat penting sebagai izin kalian berkendara di jalan khususnya jalan raya.

Walaupun kalian sudah ahli tetapi tetap perlu SIM. Dan syarat untuk membuat SIM yaitu harus berusia 17 tahun sama seperti syarat membuat KTP. Kalian bisa perpanjang SIM 2 minggu atau 1 minggu sebelum masa berlaku SIM habis. 

Apa Syarat Memperpanjang SIM?


Ada beberapa syarat yang perlu kalian penuhi. Berikut beberapa syarat untuk memperpanjang SIM.

  • KTP Asli
  • SIM Asli
  • Fotokopi KTP dan SIM
  • Surat keterangan sehat
  • Surat keterangan lulus tes psikologi
  • Sejumlah uang

Untuk surat keterangan sehat dan surat keterangan lulus tes psikologi bisa kalian dapatkan di lokasi. Jadi kalian tidak perlu repot-repot yang terpenting membawa uang yang lebih dari cukup.

Dimana Bisa Memperpanjang SIM?


Setidaknya ada 2 cara untuk memperpanjang SIM. Yang pertama kalian bisa datang ke SATLANTAS kota kalian. Jadi di tempat ini selain melayani pembuatan SIM baru juga melayani proses perpanjang SIM. Karena banyak biasanya di SATLANTAS prosesnya lama.

Dan yang kedua di layanan SIM Keliling. Untuk perpanjang SIM saya sendiri lebih prefer ke SIM keliling. Selain prosesnya cepat untuk mendapatkan surat keterangan sehat dan tes psikologi juga mudah. Hanya saja ini memakai sistem kuota, jadi jika kehabisan kuota kalian bisa datang di hari berikutnya.

Apa Boleh Perpanjang SIM Hari Ini Sebelum Waktunya?


Tentu saja boleh dan kalian bisa memperpanjang SIM 3 bulan sebelum masa berlaku habis. Biasanya kalian akan ditanya apa benar ingin diperpanjang sekarang, karena memang akan merubah tanggal masa berlaku SIM dan tidak mengikut tanggal lahir lagi.

Jika tidak masalah nantinya proses perpanjang SIM akan dilakukan. Tidak ada perbedaan dengan yang lain. Jadi yang membedakan nanti masa berlaku SIM tidak akan mengikut tanggal lahir melainkan tanggal dimana kalian memperpanjang SIM tadi.

Silakan saja perpanjang SIM sebelum masa berlaku habis apabila ada kemungkinan kalian tidak bisa perpanjang tepat saat masa berlaku benar-benar akan habis. Pihak terkait fleksibel dengan hal ini dan tentu saja tetap akan memperpanjang SIM yang kalian miliki.

Tetapi saran dari saya untuk proses yang lebih cepat lebih baik kalian perpanjang di SIM keliling saja. Dari banyak pengalaman prosesnya lebih cepat karena tidak banyak orang yang memperpanjang lewat layanan ini.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai memperpanjang SIM yang sudah mau kadaluwarsa tetapi belum pada waktunya. Sebelum saya akhiri jika nomor Telkomsel yang kalian miliki kadaluwarsa dan tidak dapat digunakan kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut.


EmoticonEmoticon