4 Cara Agar Hasil Foto Dari Gcam atau LMC Tidak Kebiruan

4 Cara Agar Hasil Foto Dari Gcam atau LMC Tidak Kebiruan

KEPOINDONESIA.id - Siapa yang tidak tau Gcam sekarang ini, aplikasi kamera andalan pengguna Android yang dapat membuat hasil foto dan video jadi lebih baik. Untuk foto berlaku di semua HP yang dapat menginstall aplikasi Gcam. 

Tetapi untuk hasil video hanya berlaku untuk beberapa HP saja yang spesifikasinya tinggi. Karena Gcam modifikasi ini berat saat merekam video tidak seperti foto. Karena memang Gcam atau Google Camera hanya tersedia di HP Google Pixel saja.

Selain di Google Pixel sudah dipastikan Gcam tersebut modifikasi. Walaupun modifikasi tetapi ini tetap bisa diandalkan. Selain Gcam ada juga aplikasi LMC. Berbeda dengan Gcam yang merupakan modifikasi dari Gcam asli.

LMC merupakan modifikasi dari aplikasi Gcam itu sendiri. Hanya berbeda nama dan modifikasi di dalamnya, akan tetapi fungsinya tetap sama saja. Nah yang menjadi pertanyaan kenapa terkadang hasil dari Gcam atau LMC 8.4 sering kebiruan atau cenderung ke warna lain seperti hijau dan kuning?.

Hal ini memang bisa terjadi, lalu apa solusinya? untuk tau solusinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai apa itu aspek rasio dan berapa aspek rasio yang bagus serta cara mengatasi kendala video call terbalik di aplikasi WhatsApp.

Config Tidak Sesuai


Yang pertama yaitu kalian menggunakan config yang tidak sesuai. Karena banyak sekali config yang saturasinya sangat tinggi. Ini memang bagus tetapi jika terlalu tinggi hasilnya jelek. Oleh karena itu gunakan config yang sesuai. 

Jika bisa menyesuaikan dengan HP yang kalian miliki. Karena jika bukaan kamera di HP kalian sudah besar dan menggunakan config dengan saturasi tinggi biasanya warnanya akan berlebihan dan cenderung menjadi biru.

Aktifkan Fitur AWB


AWB atau auto white balance merupakan fitur yang dapat menyesuaikan suhu dari foto yang diambil. Dengan fitur ini aplikasi akan menyesuaikan agar hasil foto akan senatural mungkin. Tidak gelap dan tidak terlalu cerah.

Fitur AWB bagi pengguna Gcam wajib diaktifkan. Memang ada beberapa situasi yang mengharuskan AWB nonaktifkan untuk hasil maksimal. Tetapi rata-rata membutuhkan fitur AWB jadi silakan kalian aktifkan saja fitur ini.

Tidak Perlu Mengaktifkan Flash


Walaupun malam hari flash di Google Camera atau Gcam bisa dikatakan tidak berguna. Karena lebih bagus hasil dengan mode malam daripada menggunakan flash. Apa keduanya bisa digunakan secara bersamaan?.

Tentu saja tidak bisa. Jika kalian ingin menggunakan lampu flash mode malam tidak dapat digunakan dan jika kalian ingin menggunakan mode malam flash tidak bisa digunakan. Kecuali kalian menggunakan perangkat lain sebagai penerangan tambahan.

Wajib Aktifkan Fitur HDR+


HDR+ akan membuat warna menjadi cerah tetapi tidak berlebihan. Di semua aplikasi Gcam fitur ini pasti ada, jadi silakan aktifkan saja. Memang akan sedikit membuat proses pengambilan foto menjadi lebih lama tetapi ini sangat bermanfaat.

Silakan kalian aktifkan fitur ini untuk melihat hasilnya. Apabila tidak cocok bisa kalian nonaktifkan tetapi jika cocok lebih baik diaktifkan. Rata-rata cocok dan lebih baik HDR+ aktif dibandingkan ketika tidak aktif.

Dari pengalaman saya yang perlu kalian ubah yaitu config. Karena config sangat berpengaruh sekali. Ada banyak sekali config Gcam dan LMC 8.4 yang bisa kalian coba. Oleh karena itu coba semua dan tentukan yang paling bagus.

Jika sudah config yang tidak penting bisa kalian hapus. Kenapa perlu dihapus? agar tidak membingungkan kalian di kemudian hari. Karena dengan 1 config saja ini sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Sedang trend fitur live foto di TikTok, sebenarnya live foto itu apa? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel mengenai live foto tersebut. Live photo sebenarnya kurang menarik bagi saya dan sebenarnya tidak banyak yang menggunakan fitur ini.


EmoticonEmoticon