5 Cara Mengatasi Masalah Hasil Foto Dari Kamera HP Samsung Yang Gelap

5 Cara Mengatasi Masalah Hasil Foto Dari Kamera HP Samsung Yang Gelap

KEPOINDONESIA.id - Hasil foto dari HP Samsung terkenal natural tidak seperti di beberapa HP Android lainnya yang biasanya over saturated. Natural disini bagi sebagian orang suka dan sebagian orang tidak suka karena jika di unggah langsung ke media sosial seperti status dan story kurang bagus.

Bisa diperbagus lagi dengan cara di edit atau ditambahkan efek. Tetapi saya kira ini tidak masalah, karena hasil yang bagus memang harus natural. Untuk urusan warna yang pucat bisa ditambah dan dibuat dengan cara di edit.

Hasil kamera HP Samsung yang gelap banyak dikeluhkan oleh beberapa pengguna Samsung termasuk saya sendiri. Jika dibandingkan dengan HP lain memang berbeda, di HP lain walaupun sama-sama pecah tetapi hasilnya lebih terang.

Sedangkan di Samsung rata-rata lebih gelap. Apa penyebabnya? penyebabnya tentu saja dari sisi hardware dan software. Tidak akan saya bahas lebih lanjut mengenai penyebabnya saya akan langsung fokus ke bagaimana cara mengatasi kendala tersebut.

Untuk tau lebih jelas kalian bisa baca artikel mengenai hal ini. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai kenapa kamera di iPhone tidak dapat fokus serta cara mengetahui kapan video tersebut direkam dan diambil.

Foto di Tempat Yang Banyak Cahaya


Pertama yang bisa kalian lakukan yaitu usahakan selalu mengambil foto di tempat yang banyak cahaya. Apabila kalian mengambil foto saat siang hari ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika kalian mengambil foto saat malam hari usahakan mengambil foto dalam kondisi banyak cahaya.

Gunakan Flash Ketika Malam Hari


Berikutnya kalian bisa gunakan flash ketika mengambil foto saat malam hari. Lampu flash akan membuat hasil foto dan rekaman video mendapatkan tambahan cahaya. Dengan begitu hasil foto dan video lebih terang dan tidak akan gelap. Sedangkan jika buram ini tergantung dari kualitas kamera pada HP kalian.

Gunakan Mode Malam Jika Tersedia


Jika tersedia kalian bisa gunakan mode malam. Mode malam bekerja dengan cara memberikan waktu kepada lensa kamera untuk menangkap cahaya lebih banyak. Jadi mode malam ini tidak bisa digunakan bersamaan dengan lampu flash dan keduanya memiliki hasil yang berbeda.

Edit Dengan Meningkatkan Kontras


Apabila sudah terlanjur mendapatkan hasil foto yang gelap kalian bisa edit dengan meningkatkan kontras dan pencahayaan. Dengan begitu hasil foto yang sebelumnya gelap akan lebih terang. Bisa kalian atur juga pada bagian saturasi agar foto tambah lebih cerah.

Gunakan Filter Yang Sesuai


Tidak bisa dipungkiri filter pada foto bisa merubah foto yang gelap dan kurang bagus menjadi lebih terang. Hanya saja untuk menemukan filter yang seperti ini sangat susah. Jadi jika kalian sudah menemukan filter yang bagus lebih baik kalian ingat atau jika bisa kalian simpan saja agar mudah digunakan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kendala hasil dari kamera Samsung yang gelap dan kurang terang. Ini biasanya terjadi pada HP Samsung entry level yang memang jika kurang cahaya hasilnya menjadi sangat gelap.

Jika dibandingkan dengan merek yang berbeda dengan rentang harga yang sama hasil dari Samsung memang kurang. Jadi usahakan selalu banyak cahaya agar hasil foto tidak gelap. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami foto dan video lama tidak bisa dihapus kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.

Kendala tidak bisa menghapus file lama seperti foto dan video lama memang bisa terjadi dan biasanya ini terjadi di kartu SD atau kartu memori. Apa solusi agar file lama bisa dihapus? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon