6 Cara Memperbaiki Sensor Proximity HP Yang Bermasalah dan Tidak Berfungsi

6 Cara Memperbaiki Sensor Proximity HP Yang Bermasalah dan Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Proximity sensor atau sensor jarak merupakan salah satu sensor utama yang pasti ada di HP. Karena memang sensor ini ada hubungan dengan layar ketika menerima telepon. Tanpa adanya proximity sensor layar tidak akan matika ketika HP didekatkan ke telinga.

Tidak seperti beberapa sensor lainnya, sensor jarak atau proximity sensor sudah pasti ada. Karena memang sangat dibutuhkan sekali. Apabila tidak berfungsi maka layar HP tidak akan mati sendiri ketika HP didekatkan ke telinga dalam keadaan kalian menelpon.

Dalam situasi tertentu sensor ini bisa tidak berfungsi atau bisa dikatakan rusak. Apabila memang rusak fungsinya tidak akan bekerja. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi sensor proximity yang error atau rusak.

Apabila hanya error ini tidak perlu perbaikan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi kenapa layar HP tidak mati saat menelpon serta solusi memperbaiki beberapa sensor HP yang error dan bermasalah.

Bersihkan Bagian Layar HP Yang Menutupi Sensor


Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu membersihkan bagian layar HP yang menutupi sensor salah satunya sensor proximity. Silakan kalian bersihkan atau lap dengan kain dan pastikan bersih tidak ada kotoran yang menempel dan membandel.

Gunakan Aplikasi Proximity Sensor Reset


Berikutnya jika masih belum berhasil kalian bisa coba aplikasi proximity sensor reset yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini walau terlihat sederhana tetapi terkadang bermanfaat dan berhasil. Jadi silakan kalian coba gunakan saja. 

Reboot atau Mulai Ulang Perangkat


Setelah menggunakan aplikasi proximity sensor reset kalian bisa reboot HP yang kalian miliki. Agar sistem dan software berjalan dari awal dan sensor juga benar-benar tereset. Jadi jika sebelum di reboot masih bermasalah silakan kamu reboot untuk mengetahui cara tersebut berhasil atau tidak..

Kembali ke Setelah Pabrik


Masih belum berhasil dan masih tidak berfungsi? kalian bisa kembali ke setelan pabrik HP yang kalian miliki. Di beberapa kasus ini memang tidak dapat mengatasi sensor yang error. Akan tetapi tidak ada salahnya dicoba siapa tau sensor proximity yang tidak berfungsi karena masalah software.

Coba Lepas Tempered Glass Yang Digunakan


Tidak ada salahnya kalian mencoba melepas TG atau tempered glass yang kalian gunakan pada layar HP yang kalian miliki. Karena TG ini di beberapa HP dapat membuat layar error termasuk bagian sensor. Karena bahan tempered glass yang kurang bagus dan terlalu tebal.

Bawa HP ke Tempat Servis


Dan yang terakhir karena sudah kalian coba masih belum ada yang berhasil kalian bisa bawa HP yang kalian miliki ke tempat servis untuk diperbaiki. Teknisi akan tau masalah ada di mana dan jika memang sensor sudah rusak akan diganti dengan yang baru.

Sensor HP khususnya sensor proximity sangat jarang rusak. Bahkan sensor yang paling sering digunakan yaitu sensor fingeprint juga jarang rusak. Kecuali jika HP yang kalian miliki pernah atau sering terjatuh ataupun pernah masuk ke dalam air.

Jika pernah mengalami hal tersebut tidak hanya sensor saja yang rusak tetapi bagian lain jika rusak wajar sekali. Silakan kalian bawa ke teknisi HP untuk diperbaiki apabila kalian mengalami kendala tersebut dan belum berhasil mengatasinya.

Dan sebelum saya akhiri jika kalian merasa kecerahan layar otomatis di HP kalian tidak berfungsi atau tidak akurat kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala seperti itu.


EmoticonEmoticon