Cara Agar Burung Perkutut Tidak Tidur Diatas Tempat Minum dan Pakan

Cara Agar Burung Perkutut Tidak Tidur Diatas Tempat Minum dan Pakan

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang pelihara burung perkutut pasti sudah tau bahwa terkadang burung perkutut yang kalian miliki tidur tidak di tempatnya. Umumnya burung apapun itu jika disangkar pasti akan tidur di tengah-tengah dan rata-rata diatas.

Tetapi di beberapa purung perkutut tidak tidur di pijakan melainkan pada tempat minuman atau makanan. Saya memiliki dua burung perkutut dan keduanya tidur di tempat makanan atau wadah pakan dan di tempat minuman atau wadah minum.

Apa itu baik atau buruk? akan saya bahas itu baik atau burung dibawah nanti. Tetapi jika kalian menemukan artikel ini sudah pasti kalian memiliki masalah yang sama dengan saya. Selain perkutut sebenarnya banyak lagi burung yang memiliki perilaku serupa.

Tetapi bagi kesempatan kali ini saya fokus ke perkutut saja. Karena memang saya hanya memiliki perkutut dan perilaku serupa paling banyak terjadi di perkutut. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lain yang pernah saya bahas.

Saya sudah pernah membahas beberapa artikel jadi silakan kalian baca saja. Seperti kenapa burung perkutut saya sering hilang dari sangkarnya serta cara mengobati burung dekukur atau burung deruk yang tidak mau berbunyi.

Kenapa Burung Perkutut Sering Tidur di Wadah Pakan dan Minuman?


Saya sendiri kurang tau penyebab apa, tetapi dari beberapa orang yang sudah lama memelihara perkutut ini perilaku yang hanya terjadi di beberapa perkutut saja. Artinya perkutut tersebut lebih nyaman dan tentram jika tidur diatas wadah pakan khususnya wadah minuman.

Masing-masing perkutut memiliki perilakunya masing-masing. Jika sering tidur diatas wadah pakan biasanya tidak akan tidur di wadah minuman atau di injakan. Dan sebaliknya jika sudah sering tidur di wadah minuman tidak akan tidur di wadah pakan atau di injakan.

Apa Burung Perkutut Yang Tidur di Wadah dan Minuman Itu Baik?


Bisa dikatakan perkutut dengan perilaku yang seperti ini merupakan perkutut yang bagus. Dan sebenarnya para penghobi lebih suka yang seperti ini. Hanya saja kalian akan lebih repot karena harus selalu membersihkan wadah pakan dan minuman minuman 3 hari sehari.

Karena jika tidak dibersihkan akan kotor dan membuat perkutut bisa terkena penyakit. Apabila perkutut yang kalian miliki tidur normal sebenarnya wadah pakan bisa kalian bersihkan 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali.

Bagaimana Cara Mengatasi Agar Burung Perkutut Tidak Tidur di Wadah Pakan atau Minuman?


Sebenarnya cara yang akan saya bahas kali ini kurang efektif, karena perkutut tetap akan tau. Hanya saja perkutut tidak akan melakukannya kecuali malam hari ketika ingin tidur. Jadi untuk menguranginya kalian cukup pindah wadah pakan dan minuman kebawah.

Dengan memindah wadah minuman dan pakan kebawah perkutut tidak akan kebawah ketika siang hari kecuali hanya ingin makan dan minum. Tetapi saat malam hari biasanya tetap akan kebawah dan akan tidur di atas wadah minuman atau pakan.

Saya sendiri menyiasatinya dengan ccara memindah wadah minuman dan wadah pakan ke bawah. Memang perkutut tetap akan tidur diatasnya akan tetapi karena hanya saat malam hari jadi wadah tidak akan cepat kotor seperti sebelumnya.

Tidak biasa dihindari jadi kalian memang harus dituntut untuk rajin-rajin membersihkan wadah minuman dan pakan pada sangkar burung perkutut yang kalian miliki. Sebelum saya akhiri saya pernah membahas mengenai cara buat bonsai tapi dari pohon bambu.

Jadi jika kalian penasaran kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya. Bonsai dari pohon bambu memang unik dan keren jika sudah jadi. Akan tetapi karena sifat bambu yang mudah mati jadi harus benar-benar dirawat.


EmoticonEmoticon